Gebrakan Awal Pas Band di Lahan Mayor Label

- Rabu, 3 Maret 2021 | 12:00 WIB
Gebrakan Awal Pas Band. (istimewa)
Gebrakan Awal Pas Band. (istimewa)

Judul Album: In (No) Sensation
Artis      : Pas Band
Produksi   : Aquarius/1995

PAS band adalah legenda band indie asal kota Bandung yang masih bertahan hingga kini. Mengapa disebut legenda band indie? Karena mereka memulai debut albumnya yang memasang judul Four Through The Sap (1993) dan album tersebut bisa dianggap sebagai mini album pertama mereka.

Album Four Through The Sap dirilis di bawah label SAP Music Management.

Meski sempat mendapat sambutan album debut tersebut, namun mereka baru mendapat kabar baik bisa merilis album lewat mayor label adalah di tahun 1995, melalui album kedua, In (No) Sensation.

Pas band yang saat itu digawangi Yuki (vokal), Trisno (bas), Bengbeng (gitar), dan Richard (drum) mau tak mau menghasilkan album yang sarat pengaruh musisi rock Amerika. Sebut saja ada pengaruh dari Pearl Jam, Red Hot Chilie Peppers, hingga Metalica.

Seperti apa gambaran materi dari album In (No) Sensation nya Pas Band? Simak reviewnya di bawah ini:

For Truth: dentaman bas Trisno membuka lagu ini sepanjang 8 bar. Pada bar ke-3 muncul hentakan drum funk bit up tempo dari Richard, menyusur drive-drive gitar dari Bengbeng di bar ke-5. Vokal Yuki langsung masuk bagian verse pada bar ke-9 dan masih beriring musik funk bit up tempo. Gaya menyanyi Yuki tak ubahnya rapper. Seolah lagu ini tanpa nada, dan hanya berisi rap berbahasa Inggris. Tempo musik lagu dipercepat di bagian jeda dan terdapat unision sebelum Bengbeng memainkan efek gitarnya.

Never be Lonely: dentaman bas Trisno membuka lagu ini sepanjang 4 bar berimring hentakan musik hustle non hit hat yang diwarnai sound efek gitar Bengbeng. Tetapi selanjutnya irama berubah menjadi 4/4 up tempo dan kemudian mengiringi vokal Yuki dari bagian verse hingga reffrain. Setelah bagian jeda yang diisi sound efek gitar dari Bengbeng, muncul vokal Yuki yang seakan berkata-kata seperti tengah memaki-maki, dan sesudahnya kembali ke bagian reffrain lagi.

War: genjrengan gitar Bengbeng membuka lagu ini sepanjang 4 bar, kemudian vokal Yuki masuk masih beriring genjrengan gitar. Setelah melewati verse pertama Bengbeng mulai memasukkan drive-drive gitar yang minim, kemudian saat masuk verse kedua, Trisno mulai memainkan dentaman basnya mengiringi vokal Yuki. Hentakan drum Richard yang funk bit mid tempo mulai masuk sebelum ke bagian reffrain. Pada lagu ini, Pas band terpengaruh gaya musikalitas Pearl Jam, misalnya pada lagu "Jeremy". Bagian jeda lagu ini, justru menampilkan permainan gitar Bengbeng yang biasa saja, tidak ada permainan sound efek gitarnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X