The Rolling Stones (1), Persahabatan Jagger-Richard dan Jones

- Minggu, 6 Desember 2020 | 12:00 WIB
(istimewa)
(istimewa)

NAMA The Rolling Stones identik dengan raja rock, Mick Jagger. Padahal di balik kebesaran band rock asal Inggris ini, masih ada Keith Richard (gitar) yang juga menjadi motor bersama Jagger. Serta tidak ketinggalan Charlie Watts (drum) dan Ron Wood (gitar). Mereka mungkin tidak merasa tua dalam bermusik. Bahwa sebenarnya, karier mereka di jagad musik rock sudah melintas di usia lebih dari setengah abad.

Sejarah The Rolling Stones sebenarnya, sudah dimulai sejak tahun 1950. Saat itu Mick Jagger dan Keith Richard, mungkin tidak pernah bermimpi bahwa suatu saat mereka akan menjadi sahabat dalam satu grup rock yang menggoncang dunia selama lebih setengah abad.

Jagger dan Keith ternyata berteman di bangku sekolah dasar di Dartford Inggris. Tak lama kemudian Jagger pindah ke Wilmington. Sejak remaja, sebelum tahun 1960 bertemu dengan Keith, ternyata Jagger telah mengubah garasi rumahnya menjadi tempat latihan band. Bersama Dick Taylor, mereka memainkan komposisi blues dari Muddy Waters, Chuck Berry, Little Richard, Howlin Wolf, dan Bo Diddley.

Baru pada tahun 1960, Jagger kembali bertemu Keith secara tidak sengaja di sebuah stasiun kereta api. Mereka berdua sama-sama naik kereta api untuk menuntut ilmu. Jagger hendak belajar ekonomi di London School, sedangkan Keith hendak belajar di Sidcup Art School.

Selama dalam perjalanan di kereta api, mereka berdiskusi soal musik Rhytm n Blues (RnB) dan blues. Kebetulan Jagger membawa beberapa
piringan hitam album musisi blues, yaitu album dari Chuck Berry dan Muddy Waters. Mereka lalu sepakat membentuk band bersama Dick Taylor di rumah Jagger.

Sementara itu Jagger telah menyiapkan susunan pemain bandnya, terdiri dari Dick Taylor, Alan Etherington, dan Bob Beckwith, serta dirinya sendiri. Tak lama kemudian Keith pun datang bergabung. Mereka menyebut bandnya, The Blue Boys. Pada bulan Maret 1962, The Blue Boys membaca berita tentang Ealing Jazz Club. Kemudian muncul kabar pada tanggal 7 April 1962, Brian Jones yang turut bermain slide gitar bersama bandnya Alexis Korner, Blues Incoporated.

Band ini juga beranggotakan Ian Stewart dan Charlie Watts yang kelak menjadi personel The Rolling Stones. Kebetulan Jagger dan Keith datang ke klub itu dan menyaksikan aksi Brian Jones dengan Blues Incorporated. Mereka tertarik ngejam dengan Jones. Karena ada kecocokan, maka Jones, Jagger, dan Keith menetap di sebuah flat sewaan.

-
The Rolling Stones tahun 1963 ki-ka: Mick Jagger, Brian Jones, Keith Richard, Bill Wyman, Charlie Watts (istimewa)

Kali ini Jagger, Keith, Jones, dan Taylor sepakat membentuk band baru beraliran RnB, rock n roll, dan blues. Mereka mengajak drummer Tony Chapman. Lalu nama band itu mereka beri nama The Rolling Stones, yang mengambil dari salah satu lagu milik Muddy Waters. Sayang sekali, Dick Taylor tidak betah bermain musik RnB dan lebih mengutamakan kuliahnya. Posisinya, lalu digantikan oleh Bill Wyman.

Sedangkan Tony Chapman yang sudah tidak terlalu aktif latihan, posisinya digantikan oleh Charlie Watts. Tony ternyata lebih memilih bekerja sebagai salesman. The Rolling Stones juga mengajak Ian Stewart yang jago bermain piano. Namun dia hanya bermain pada formasi awal ini saja.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X