Resensi Musik - Perjuangan Awal Pearl Jam

- Rabu, 28 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Resensi Musik - Perjuangan Awal Pearl Jam. (istimewa)
Resensi Musik - Perjuangan Awal Pearl Jam. (istimewa)

Judul Album: Ten
Artis: Pearl Jam
Produksi: Epic Record/1991


KIPRAH Pearl Jam di dunia rekaman berawal dari album Ten. Album ini awalnya memang kurang begitu dilirik para penikmat musik, meski Pearl Jam sendiri juga sama-sama mengusung grunge. Saat itu musik grunge tengah booming lewat lagu-lagu milik Nirvana.

Jika Nirvana menyajikan lagu-lagu grunge dengan durasi waktu yang tidak terlalu panjang, Pearl Jam justru sebaliknya. Istilahnya, Pearl Jam tampil dalam kemasan grunge yang berbeda dari Kurt Cobain cs.

Wajar, ketika Pearl Jam menawarkan gaya musik yang berbeda dan masih asing, hingga album ini nyaris terlewat dari sorotan. Sebuah perjuangan awal yang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Baru pada tahun 1992, album Ten mulai dilirik dan menduduki posisi ke-2 di Billboard 200. Selain menghasilkan "Jeremy" sebagai nomor andalan, ada dua lagu lainnya yang menjadi jagoan di album ini. Yaitu "Alive" dan "Even Flow". Berikut review album Ten nya Pearl Jam:

1. Once: dibuka dengan hentakan alat musik perkusi dalam irama slow bit funk, menyusul kemudian rif gitar yang dimainkan Stone Gossard meluncur dan disusul dengan hentakan drum dalam irama funk bit up tempo dari Dave Krusen, kemudian menyusul musik tanpa nyanyian sepanjang 4 bar. Vokal Eddie Vedder baru masuk bagian verse pada bar ke-5 beriring musik funk bit up tempo. Setelah melewati reffrain ke-2, Mike McCready mulai mengisi drive-drive gitarnya dan disusul permainan Krusen yang menampilkan bit-bit variatif. Langsung masuk bagian reffrain lagi.

2. Even Flow: dibuka dengan sound riff yang singkat kemudian menyusul hentakan musik funk bit mid tempo yang beriring rif-rif gitar dari Gossard. Menyusul vokal Vedder yang masuk bagian verse beriring musik funk bit mid tempo, termasuk bagian reffrain. Sebelum masuk bagian reffrain, Krusen terlebih dulu memainkan drive yang singkat dan disisipkan sound feedback. Seperti biasa di bagian jeda, menjadi tempat McCready untuk mengisi drive-drive gitarnya.

3. Alive: dibuka dengan drive-drive gitar McCready sepanjang 2 bar, menyusul hentakan musik slow bit funk dan kembali diisi dengan drive-drive gitar McCready sepanjang 2 bar. Baru vokal Vedder masuk bagian verse beriring hentakan musik slow bit funk.

4. Why Go: hentakan drum funk bit up tempo Krusen membuka lagu ini menyusul dentaman bas dari Jeff Ament, serta di belakangnya menyusul kocokan drive-drive gitar dari McCready. Vokal Vedder masuk menyanyikan bagian verse dan masih beriring hentakan musik funk bit up tempo. Bagian reffrain diisi vokal antara Vedder dengan Stone Gossard. Kemudian bagian jeda diisi drive-drive gitar dari McCready.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Ini Lirik Lagu Badai Bulan Desember dari AKA

Kamis, 2 Desember 2021 | 23:44 WIB

Badai Bulan Desember, Ketika AKA Dilanda Badai Pop

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:14 WIB

Kai EXO dalam Debut Singel di Tengah Pandemi

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:55 WIB
X