Via Valen Tersandung Kasus Plagiarisme

- Senin, 26 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Via Valen Tersandung Kasus Plagiarisme. (istimewa)
Via Valen Tersandung Kasus Plagiarisme. (istimewa)

PENDANGDUT Via Valen tersandung kasus plagiarisme. Salah satu video musik terbarunya, "Kasih Dengarkanlah Aku" dituding menjiplak konsep video musik artis Korea Selatan, Lee Ji-eun (IU).

Karuan saja, pelantun lagu "Sayang" itu mendapat kecaman dari para penggila K-pop.

Sementara penulis lagu "Kasih Dengarkanlah Aku", Yuda Dadali mengaku tidak habis pikir dengan para penggila K-pop yang menuduh video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" menjiplak video klip IU. Yuda menilai, mereka yang menuduh plagiarisme sebagai perbuatan tidak menghargai karya anak bangsa. Serta menyindir dengan mengatakan karya-karya musisi luar negeri hanya sedikit yang dipahami dengan jelas oleh warganet.

"Miris banget,sedih,campur aduk,sudah mau tahun 2021 masih aja cinta produk luar,padahal gua yakin hanya segilintir aja yg ngerti bahasanya,semoga mereka cepat pintar dan kembali mencintai produk lokal,,,#anakbaukencur #militan #micin #so #pintar," tulisnya lagi.

Yuda juga mengaku, proses pembuatan video klip itu memang tidak melibatkan dirinya. Namun lucunya, Yuda kerap dihujat sebagai pemberi ide untuk video klip itu.

"Padahal saya tidak terlibat dalam pembuatan v klip itu,saya maklum anak2 milenial jaman now memang seperti itu,mungkin banyak dari mereka mengira saya yang membuat,padahal saya hanya pencipta lagunya,sehingga banyak yg menghujat saya,tapi saya terima dengan ikhlas dan saya sudah maafkan dalam hati yg paling dalam," tulisnya lagi.

Yuda juga menjelaskan video klip penggantinya tengah digodok dengan konsep berbeda. Diakuinya, konsep video klip sebelumnya yang mirip dengan artis luar negeri, juga tidak disukainya.

Sebenarnya ini bukan yang pertama menimpa Via Vallen. Pedangdut Via Vallen juga pernah dituduh melakukan plagiarisme lewat lagu hitsnya "Sayang" beberapa tahun lalu. Lagu itu sangat mirip dengan lagu asal Jepang berjudul "Kiroro Mirae".

 

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X