Tombo Kangen TKI untuk Senandung Satu Nada Dua Bangsa Suriname-Indonesia, Dua Bupati Pun Ikut Nyanyi Campursari

- Minggu, 12 Juli 2020 | 15:57 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

DUA sesi konser musik campursari dari sebuah studio di Jogja, sukses menghibur masyarakat Suriname dan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong serta Taiwan, pagi tadi.

Dua kepala daerah, Juliyatmono sebagai Bupati Karanganyar, Jateng dan Ipong Muchlissoni yang merupakan Bupati Ponorogo, Jatim pun turut berinteraksi dengan turut bernyanyi dalam konser berdurasi hampir empat jam yang berlangsung secara virtual tersebut. Begini kisahnya:

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan banyak seniman daerah yang mengalami sepi pentas. Job yang biasanya mereka terima, kali ini jarang datang lagi dan tentu hal tersebut tidak boleh terlalu lama dibiarkan.

"Terobosan. Kata kunci ini menjadi keharusan bagi pelaku seni untuk mencari penghasilan di tengah pandemi. Tanpa terobosan, hanya mengandalkan undangan manggung secara fisik, niscaya tidak akan memutar roda ekonomi pelaku seni tersebut," tutur Direktur GM Production, Yurry Apreto sebagai salah satu inisiator konser musik virtual, Minggu (12/7).

Akhirnya, konsep pun dimatangkan. Dengan menggandeng International Council for Small Buisiness (ICSB) DPD Karanganyar dan Pemkab Ponorogo serta sejumlah sponsor lainnya, konser virtual pun digelar. Tak muluk-muluk, setidaknya dapat membantu penghasilan bagi para pelaku seni musik di dua daerah tersebut.

-

"Menariknya, konsep konser virtual kami ada dua macam, gratis dan berbayar. Gratis bagi masyarakat umum, khususnya warga Karanganyar dan Ponorogo yang menyaksikan konser via Youtube. Namun berbayar bagi mereka yang ingin berinteraksi langsung via Zoom," tutur Apreto.

Konser dimulai cukup pagi lantaran menyesuaikan waktu setempat di lokasi sasaran utama audience, yakni di Suriname dan Hongkong serta Taiwan. Sama-sama diiringi live dari studio di kawasan Seturan, Sleman oleh Tim Musik FF Production asal Karanganyar, sesi pertama yakni konser bertajuk Senandung Satu Nada Dua Bangsa, Suriname-Indonesia diperuntukan bagi warga keturunan Solo dan Karanganyar di Suriname.

Dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, tapi di salah satu negara yang berada di kawasan Amerika Selatan itu masih Sabtu (11/7) pukul 21.00. Sejumlah artis campursari dari Solo-Jogja seperti Whawin Laura, Anjas Gitarani, Endah Laras dan penyanyi asal Gunung Kidul Dimas Tedjo membawakan sejumlah lagu hits. Termasuk diantaranya lagu-lagu karya Bapak Patah Hati Indonesia, alm Didi Kempot.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Boy Group PENTAGON Geser BTS-21 dan BlackPink?

Senin, 24 Januari 2022 | 19:09 WIB
X