The Beatles (3), Hanya Menjadi Band Rekaman

- Minggu, 17 Mei 2020 | 12:00 WIB
The Beatles tahun 1967 ki-ka: Ringo Star, George Harrison, John Lennon, Paul Mc Cartney. (istimewa)
The Beatles tahun 1967 ki-ka: Ringo Star, George Harrison, John Lennon, Paul Mc Cartney. (istimewa)

MINGGU lalu telah diceritakan The Beatles setelah meraih sukses dengan album-album dan deretan hitsnya. Sampai mereka digilai penggemarnya yang disebut beatlemania. Bahkan ketika mereka menggelar konser, sampai tak mampu menikmati musik yang mereka mainkan. Karena suaranya kalah dengan histeria beatlemania yang memadati konser mereka. Sampai akhirnya mereka memutuskan menjadi band rekaman daripada menjadi band panggung.

Baca juga: The Beatles (1), Sempat Disangka Band Iseng

The Beatles (2), Singel Love Me Do Membuka Jalan Sukses

Setelah merilis album dan menghentikan shownya, The Beatles istirahat total. John Lennon ketiban rezeki dengan berperan sebagai tentara dalam film How I Won The War di tahun 1966. Namun akibat tuntutan perannya, John harus memangkas rambut gondrongnya serta mengenakan kacamata nenek. Belakangan, imej kacamata nenek yang bundar, melekat pada wajah John sampai dia tewas tertembak di 1980.

Sementara George Harrison bersama Patty Boyd lebih memilih mendalami budaya India yang tentu saja ke negara India, sekaligus memperdalam pelajaran tentang teknik memetik sitar. Paul Mc Cartney juga mendapat job menggarap ilustrasi musik film The Family Way. Cuma Ringo dan keluarganya yang benar-benar bisa merasakan liburan panjang tanpa ada aktivitas bermusik.

Baru pada akhir 1966, The Beatles mulai berkumpul di studio. Mereka telah menyiapkan materi untuk album Sgt Peppers Lonely Heart Club Band. Akan tetapi, biasanya The Beatles merilis album setahun dua album, maka untuk mengobati kekecewaan beatlemania, dirilislah album Oldies Songs yang menyisipkan rekaman rare The Beatles lantaran memang belum pernah dirilis, "Bad Boy". Meski album kompilasi, namun hasilnya terasa mengecewakan.

Baru pada awal 1967, The Beatles merilis singel "Strawberry Field Forever"/"Penny Lane" yang mampu disambut hangat beatlemania. Lagu "Strawberry Field Forever" menggambarkan kenangan masa kecil John akan sebuah tempat bernama Strawberry Field, di mana di kawasan itu terdapat panti asuhan. John ingat ancaman dari Bibi Mimi yang merawatnya sejak kecil, jika dia nakal akan dimasukkan ke rumah panti asuhan itu. Akan tetapi lirik "Strawberry Field..." sebenarnya justru terdengar aneh dan absurd. Apalagi pola musiknya yang sudah keluar dari pakem musik The Beatles.

Masih di awal tahun 1967, The Beatles merilis singel "Baby You're A Rich Man"/"All You Need is Love". Pada lagu "Baby You're A Rich Man", The Beatles dibantu gitaris The Rolling Stones, Brian Jones yang memainkan oboe pada lagu itu. Begitu pula pada lagu "All You Need is Love", tiga personel The Rolling Stones turut mengisi vokal latar pada lagu berirama foxtrot itu. Mereka adalah Mick Jagger, Keith Richard, dan Brian Jones. Termasuk melibatkan Mariane Faithful yang saat itu dekat dengan Mick Jagger.

-
The Beatles tahun 1967 ki-ka: Paul Mc Cartney, Ringo Star, John Lennon, George Harrison. (istimewa)

Album Revolusi

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Ini Lirik Lagu Berita Kepada Kawan Karya Ebiet G Ade

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:54 WIB

BTS Ambil Istirahat Panjang Sebelum Konser Maret 2022

Senin, 6 Desember 2021 | 11:46 WIB
X