The Beatles (2), Singel Love Me Do Membuka Jalan Sukses

- Minggu, 10 Mei 2020 | 12:00 WIB
The Beatles ki-ka: John Lennon, Paul Mc Cartney, George Harrison, dan Ringo Star. (istimewa)
The Beatles ki-ka: John Lennon, Paul Mc Cartney, George Harrison, dan Ringo Star. (istimewa)

MINGGU lalu telah diceritakan saat The Beatles mulai dibentuk dengan nama awal The Quarrymen, terus berganti nama dan personel, sampai akhirnya mengusung nama The Beatles. Hingga akhirnya mereka mengiringi Tony Sheridan dalam rekaman My Bonnie Lies Over The Ocean. Rekaman tersebut dicari seorang pemuda yang datang ke toko rekaman milik Brian Epstein, hingga Brian penasaran dengan The Beatles.

Baca juga: The Beatles (1), Sempat Disangka Band Iseng

Namun keputusan dari pihak label Pharlophone yaitu George Martin mengusulkan agar sang drummer diganti, lantaran pukulan drum Pete Best dianggap tidak begitu bagus. Keputusan itu disampaikan Martin kepada Brian dan sampai ke para personel The Beatles.

Dengan berat hati, The Beatles menyingkirkan Best dan menggantinya dengan penabuh drum Rory Storm & Hurricane, Ringo Star. Inilah formasi The Beatles yang paling solid dan paling sukses sepanjang karirnya: John Lennon (vokal/gitar), Paul Mc Cartney (bas/vokal), George Harrison (gitar/vokal), dan Ringo Star (drum/vokal). Lagu pertama yang direkam The Beatles sebenarnya adalah "Besame Mucho". Namun rekaman itu menjadi rare dan baru dipublikasikan saat The Beatles merilis album Anthology di tahun 1995.

The Beatles mengawali jagad musik pop dan rock lewat singel "Love Me Do"/"PS I Love You" yang dirilis tahun 1963. Pada versi singel, bukan Ringo Star yang menabuh drum pada lagu "Love Me Do". Tetapi Andy White. Sedangkan Ringo hanya memainkan tamborine. Sementara untuk versi album Please Please Me (1963), Ringo memainkan drum seluruh lagu termasuk "Love Me Do" yang berirama swing pop itu.

Terkait "Love Me Do", George Martin awalnya kurang begitu sreg dengan liriknya. Karena seperti ucapan dalam kartu valentine. Martin justru menyarankan pada The Beatles untuk merekam "How Do You Do It" karya Dick James, yang justru kurang disukai The Beatles. Namun akhirnya The Beatles merekam lagu itu dan baru dimuat dalam album Anthology (1995).

Singel "Love Me Do"/"PS I Love You" pada akhirnya mampu mengangkat nama The Beatles. Mereka kemudian menjadi obrolan hingga buruan penggemarnya yang kemudian dikenal dengan beatlemania. Menyusul berikutnya singel "Please-Please Me" yang juga dirilis tahun 1963 serta lagi-lagi meraih sukses. The Beatles telah menjadi magnit baru di dunia musik. Mereka juga merilis singel-singel lainnya macam "She Loves You", "From Me To You" sepanjang tahun 1963. Ungkapan ochh...yeahhh, serta harmonisasi vokal Paul, John, dan George seolah menjadi trade mereka dan mampu memunculkan histeria beatlemania khususnya wanita.

Setelah merilis album Please Please Me yang cukup sukses, The Beatles pada tahun yang sama juga merilis album With The Beatles. Lagu "All My Loving" yang ditariksuarakan Paul Mc Cartney seolah menjadi penyambung histeria berikutnya.

Benua Amerika mulai dilirik. Memasuki tahun 1964, The Beatles berkesempatan tampil di acara TV Ed Sulivan Show yang disaksikan warga Amrik. Selain itu, di awal tahun 1964 mereka merilis singel "I Want to Hold Your Hand" yang sukses di Amerika dan Inggris. Album A Hard Days Night dilempar ke pasaran dan lagi-lagi bagai mesin uang bagi The Beatles di tahun 1964. Album A Hard Days Night merupakan debut album The Beatles yang 100 persen berisi karya orisinil mereka sendiri. Karena pada album Please-Please Me dan With The Beatles, mereka masih menyisipkan lagu-lagu karya penyanyi/musisi lain. Sebelum merilis album A Hard Days Night, The Beatles juga tampil dalam film dengan judul A Hard Days Night dan sama halnya dengan album, film A Hard Days Night juga meraup sukses.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Mengenal TREASURE, Grup Muda YG Entertainment

Senin, 29 November 2021 | 10:01 WIB

Tagar Kai Comeback Tengah Trending, Ini Penyebabnya

Senin, 29 November 2021 | 06:48 WIB

Dua Lagu Ini Jadi Penyemangat bagi Penderita AIDS

Sabtu, 27 November 2021 | 21:52 WIB
X