Musik Jazz Rasa January Christy

- Rabu, 29 April 2020 | 12:00 WIB
January Christy (istimewa)
January Christy (istimewa)

Album: Melayang
Artis: January Christy
Produksi: ProSound/1986

MUSIK jazz yang terdapat dalam album-album milik January Christy bisa dikatakan sebagai musik jazz ringan. Sebab di dalamnya memadukan dengan unsur musik pop. 

Debut album penyanyi bersuara berat ini memang sempat memantik perhatian penikmat musik di Indonesia. Terutama ketika hits "Ada dan Tiada" mulai mengudara di stasiun-stasiun radio di awal 1986. Banyak yang menyangka penyanyi adalah laki-laki, lantaran timbre vokal January yang berat mirip vokal laki-laki.

Setelah mendengar nama dan menyaksikan sampul albumnya yang pasang judul Melayang, ternyata January Christy itu penyanyi pop jazz wanita. Pada album Melayang ini, ada dua hits radio yang silih berganti menduduki tangga lagu pop Indonesia. Yaitu "Ada dan Tiada" dan "Melayang". Namun lagu "Melayang" yang justru menjadikan nama January Christy dikenal. Berikut review album Melayang nya January Christy:


1.Pintanya Damai: sound trombone membuka lagu ini beriring musik jazz samba mid tempo, menyusul denting piano elektrik sepanjang empat bar, kemudian vokal January Christy masuk ke bagian verse beriring musik samba mid tempo dan berlatar sound trombone. Begitu pula pada bagian reffrain. Sayangnya, lagu ini terasa kuat melodinya di bagian reffrain, sedangkan di bagian verse kurang begitu greget. Namun lagu dengan notasi nada yang rendah cukup pas dengan karakter vokal January yang alto. Bagian jeda lagu ini diisi dengan solo sound trombone yang seolah mendominasi lagu ini. Mengapa tidak ada sound alat musik tiup lainnya macam saxophone, flugehorn, atau trompet? Jika ada alat musik tiup lainnya mungkin bisa mengisi bagian jeda dengan berbagi porsi.

2.Kepastian: denting piano membuka lagu beriring sound string orchestra sepanjang dua bar. Kemudian vokal January masuk bagian verse beriring denting piano juga string orchestra serta dentaman bas. Selanjutnya musik berirama slow RNB mengiringi vokalnya di bagian verse, namun saat masuk ke bagian reffrain beriring musik berbirama 4/4 slow tempo. Bagian jeda lagu ini diisi dengan denting piano dan sound string yang berselingan.

3.Melayang: denting piano elektrik membuka lagu ini sepanjang 4 bar, menyusul sound alat musik flugehorn, kemudian musik berirama slow bit funk jazzy masuk mengiringi vokal January di bagian verse termasuk bagian reffrain. Bagian jeda lagu ini diisi dengan sound drive-drive gitar dan menyusul sound kibor, lalu masuk lagi ke denting piano elektrik sepanjang 4 bar. Terus langsung masuk ke bagian reffrain. Menikmati musik lagu ini, terasa pengaruh musik lagu "For You To Remember"nya Leon Haines Band (1981). Bagian coda hingga ending lagu ini diisi dengan solo trumpet.

4.Arti Kehidupan: fil in drum membuka lagu ini yang berirama funk bit mid tempo dan langsung beriring sound alat tiup sebelum vokal January masuk ke bagian verse. Begitu pula di bagian reffrain, masih beriring musik funk bit mid tempo. Tak ketinggalan sound kibor yang mengikuti notasi nada bagian reffrain, sementara sound alat tiup terus berselingan melatari vokal January.

5.Kisah dan Waktu: denting piano membuka lagu sepanjang 2 bar, dan vokal January masuk beriring denting piano. Masuk verse kedua beriring musik berirama slow RNB. Namun saat masuk ke bagian reffrain beriring musik berbirama 4/4 mid tempo. Kemudian bagian jeda diisi dengan sound drive-drive gitar yang masih beriring musik berbirama 4/4 mid tempo.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kisah Sejarah; Pemberontakan Sikap Ridi

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:10 WIB

JKT48 Rilis MV Terbaru Untuk Lagu Flying High

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:43 WIB
X