Warisan Seorang Glenn

- Selasa, 14 April 2020 | 12:00 WIB
Glenn Fredly - Romansa ke Masa Depan. (istimewa)
Glenn Fredly - Romansa ke Masa Depan. (istimewa)

Judul Album: Romansa ke Masa Depan
Artis: Glenn Fredly
Produksi: Musik Bagus/2019

SEBELUM Glenn Fredly meninggal dunia (8/4-2020), penyanyi berdarah Ambon ini masih sempat merilis solo album terakhirnya, Romansa ke Masa Depan. Album ini seakan menjadi totalitas Glenn dalam bermusik sejak 1995.

Pada album ini akan ditemukan kekayaan ide seorang Glenn yang memasukkan unsur musik melayu misalnya, pada lagu "Perempuanku". Meski tak melayu banget musiknya, namun Glenn sanggup memadukan black music dengan musik melayu di lagu ini. Juga pada lagu "Stasiun Bundaran HI" terdapat rekaman suara petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) yang menginfokan kedatangan KA.

Begitu pula kolaborasi dengan penyanyi country Tantowi Yahya, juga aktris Ariel Tatuum.

Pada album ini, Glenn juga mendaur ulang dua lagu lawas. Satu milik grup Slank yang berhasil dibawakan dalam gayanya sendiri, "Gara-gara Kamu". Serta satu lagu lawas milik grup Chaseiro, "Kemanusiaan" dari album Bila (1979), lagu yang dulu menampilkan vokal Aswin Sastrowardoyo (gitaris Chaseiro, yang juga pamannya aktris Dian Sastrowardoyo). Berikut review album Romansa ke Masa Depan nya Glenn Fredly:

Romansa ke Masa Depan: dibuka dengan sound kibor yang cukup cepat sepanjang 6 bar, menyusul suara desis cymbal. Baru pada bar ke-6 sound kibor menyajikan chord-chord lagu ini di bagian verse beriring hentakan musik berbirama 4/4 mid tempo hingga bar ke-10. Vokal Glenn masuk ke bagian verse pada bar ke-11 dan masih beriring hentakan musik berbirama 4/4 mid tempo. Bagian reffrain lagu ini berlatar vokal Glenn yang direkam dengan sistem overdub (tumpang tindih). Bagian jeda diisi dengan sound drive-drive gitar elektrik yang cukup singkat dan langsung masuk reffrain sebagai pengisi coda. Bagian coda ini, Glenn bermain falseto pada vokalnya, mencoba mengingatkan karakter vokal Barry Gibb atau Robin Gibb di BeeGees.

Coklat: denting piano elektrik membuka lagu ini sepanjang empat bar. Menyusul sound kibor di bar ke-3 dan perlahan denting piano elektrik menghilang berganti dengan sound kibor. Vokal Glenn masuk ke bagian verse beriring dengan hentakan alat musik conga yang memainkan irama jazzy berbirama 4/4 slow tempo. Pada lagu ini, Glenn bernyanyi bareng Ariel Tatum, dan di antara mereka tampak berbagi porsi vokal di bagian verse. Bagian jeda diisi dengan sound kibor dan diisi dengan vokal latar Glenn yang singkat lagi.

Apa Kabarmu Nona?: hentakan sound drum dalam birama 2/4 membuka lagu ini, menyusul sound kibor. Selanjutnya vokal Glenn masuk ke bagian verse beriring sound kibor dan hentakan musik berbirama 2/4 mid tempo. Saat masuk ke bagian reffrain hentakan musik berubah menjadi contra bit slow tempo. Bagian jeda diisi dengan sound drive-drive gitar elektrik yang cukup singkat dan vokal Glenn langsung masuk ke bagian reffrain lagi menjelang coda dan ending lagu.

Selesai: denting piano elektrik membuka lagu ini menyusul sound kibor yang membentuk sound string. Kemudian vokal Glenn masuk ke bagian verse beriring denting piano elektrik. Saat masuk ke bagian reffrain, vokal Glenn beriring denting piano elektrik dan petikan gitar akustik. Mulai masuk ke bagian verse kedua beriring hentakan musik slow RNB dan denting piano elektrik masih menjadi lead mengiringi vokal Glenn sampai di bagian reffrain lagu. Vokal Glenn mulai berimprovisasi di bagian coda lagu ini dan sempat diisi sound drive-drive gitar yang singkat menjelang bagian akhir lagu.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Jung Jaehyun NCT, Menawan dari Visual hingga Vokal

Rabu, 22 September 2021 | 18:50 WIB

Ketika Mick Jagger Berjumpa King of Pop

Rabu, 22 September 2021 | 08:15 WIB

Fugees Gelar Tour Reuni dan Peringati 25 Tahun The Score

Selasa, 21 September 2021 | 20:09 WIB

V BTS Berpose di UNGA, Langsung Jadi Trending di Twitter

Selasa, 21 September 2021 | 12:12 WIB

Josh Klinghoffer Jadi Gitaris Tamu Konser Pearl Jam

Selasa, 21 September 2021 | 09:03 WIB

Kolaborasi Kakak Beradik

Selasa, 21 September 2021 | 08:15 WIB

15 Oktober, Coldplay Akan Rilis Album Terbaru

Senin, 20 September 2021 | 11:47 WIB
X