Kebebasan Seorang Chrisye

- Rabu, 25 Maret 2020 | 12:00 WIB
Chrisye - Sabda Alam (istimewa)
Chrisye - Sabda Alam (istimewa)

Judul Album: Sabda Alam
Artis      : Chrisye
Produksi   : Musica/1978

SABDA Alam adalah debut solo album Chrisye yang memang benar-benar bebas dari genggaman grup, macam Guruh Gipsy, selain itu juga bukan proyek musik dari musisi lain seperti Jurang Pemisah atau Badai Pasti Berlalu. Walau pun, musisi pendukungnya masih merupakan para personel yang pernah mendukung di antara grup atau proyek musik tadi. Sebut saja Keenan yang membantu proyek musik Badai Pasti Berlalu dan personel Guruh Gipsy. Ronie Harahap yang juga personel Guruh Gipsy. Atau Yockie Suryoprayogo yang kemudian menjadi partner musik tetap Chrisye dari tahun 1977 hingga 1984.

Pada saat menjelang penggarapan album Sabda Alam, Chrisye tengah asyik menyimak album terbaru Genesis, ...and then There Were Three (1978). Tiba-tiba dia didatangi Amin Wijaya, seorang produser dari Musica. Amin tertarik dengan tipikal vokal Chrisye sejak album Guruh Gipsy, Jurang Pemisah, dan Badai Pasti Berlalu. Saat ditawari kontrak rekaman dengan Musica, Chrisye pasang kuda-kuda, yaitu dengan mengajukan syarat: musisi, dan lagu cari sendiri, serta dibebaskan menentukan warna musik. Amin pun setuju. Hal itu dilakukan Chrisye lantaran untuk menghindari tekanan dari produser.

Maka pada pertengahan 1978 itu pula Chrisye mengajak Yockie (kibor), Roni Harahap (piano syntheziser), Keenan Nasution (drum) serta grup vokal cewek Trio Bebek untuk menggarap album yang kemudian diberi judul Sabda Alam. Sejumlah lagu juga diseleksi oleh Chrisye. Lagu karyanya bersama Junaedi Salat yang kemudian jadi andalan: Sabda Alam.

Selain itu juga ada tiga lagu karya Guruh yang dia nyanyikan: Smaradhana, Kala Sang Surya Tlah Tenggelam, dan Anak Jalanan. Penggarapan album ini (juga album-album Chrisye berikutnya) menguras tenaga bagi seorang Chrisye. Asap rokok dan kopi bergelas-gelas menjadi teman setia Chrisye di studio rekaman yang terkunci rapat. Lantaran Chrisye ingin penggarapan album ini lebih perfect. Masalah vokal dan teknik rekaman dengan sistem overdub pun digarapnya secara cermat. Tak heran dengan kerja yang sangat perfect dan menguras tenaga dan pikiran ini, Chrisye selalu sakit usai rekaman rampung. Dan ini selalu terjadi usai penggarapan album-albumnya.

Namun buah dari jerih payah ini yang kemudian mengantarkannya meraih sukses. Album Sabda Alam konon meraih golden record di tahun 1980. Serta berlanjut tour promo ke sejumlah kota yang melibatkan Badai band (ide dari Sys NS) beranggotakan: Chrisye (vocal/bas), Oding Nasution (gitar), Keenan dan Fariz RM (drum), Roni Harahap dan Yockie Suryoprayogo (kibor), dan Trio Bebek (vokal latar). Berikut review album Sabda Alam:

Juwita: sound kibor Yockie membuka lagu ini sepanjang 10 bar beriring hentakan musik hustle mid tempo. Sementara mulai bar ke-6 menyusul senandung chorus dari Trio Bebek. Vokal Chrisye mulai masuk bagian verse di bar ke-11 dan masih beriring hentakan musik hustle mid tempo juga denting piano syntheziser Ronie Harahap. Bagian reffrain lagu ini menampilkan vokal Chrisye yang berlatar sound kibor Yockie. Bagian jeda lagu ini kembali menampilkan sound kibor Yockie yang berunision dengan chorus dari Trio Bebek. Kembali ke bagian verse seperti sebelumnya. Namun bagian reffrain lagu ini dibawakan dua kali. Kemudian ditutup dengan chorus dari Trio Bebek yang berulang-ulang hingga suaranya sayup-sayup menghilang.

Sabda Alam: sound kibor Yockie membuka lagu ini dengan memainkan nada-nada bagian bridge lagu ini, berlatar denting piano Ronie Harahap, serta berselingan dengan sound snare drum yang dimainkan Keenan Nasution. Selanjutnya menyusul denting piano syntheziser Ronie Harahap sebelum vokal Chrisye masuk ke bagian verse. Vokal Chrisye masuk ke bagian verse berlatar sound kibor Yockie dan denting piano Ronie Harahap. Saat masuk ke bagian reffrain, vokal Chrisye beriring hentakan musik contra bit. Tetapi saat masuk ke bagian bridge, seperti bagian verse, hanya beriring sound kibor dan denting piano. Lagu ini ditutup dengan denting piano Ronie sepanjag empat bar. Lagu ini pola musiknya seperti terinfluence musik lagu "Undertow" nya Genesis di album And Then There Were Three (1978).

Smaradhana: Ronie Harahap membuka dengan denting piano syntheziser sepanjang empat bar dengan nada-nada etnik Bali, mencoba mengingatkan intro lagu "Black Magic Woman" nya Carlos Santana di album Abraxsas (1970). Sementara denting piano akustik Yockie berunision dengan dentaman bas Chrisye, sampai akhirnya masuk ke bagian verse dan reffrain masih berunision dalam hentakan irama hustle mid tempo. Vokal Chrisye masuk bagian verse masih beriring hentakan musik hustle, termasuk di bagian reffrain lagu. Lagu ini juga riuh dengan vokal latar dari Trio Bebek. Bagian jeda lagu ini diisi dengan denting piano akustik dari Yockie. Saat masuk ke bagian verse lagi, nada dasar lagu ini dinaikkan. Sampai lagu ini ditutup dengan denting piano syntheziser dari Ronie yang memainkan nada-nada etnik Bali lagi. Lagu ini merupakan versi pop dari lagu "Smaradhana" yang pernah dimuat dalam album Guruh Gipsy (1977).

Duka Sang Bahaduri: sound kibor Yockie membuka lagu ini sepanjang 10 bar. Kemudian pada bar ke-3 hingga ke-10 menyusul sound piano syntheziser dari Ronie. Vokal Chrisye masuk ke bagian verse beriring denting piano synthesizer Ronie dan sound kibor dari Yockie. Termasuk saat masuk ke bagian reffrain lagu. Lirik lagu ini konon menggambarkan kesedihan Junaedi Salat sebagai komposernya terhadap nasib mantan Presiden Soekarno di akhir hidupnya. Lagu ini ditutup dengan sound kibor Yockie yang memainkan nada-nada bagian verse dan beriring denting piano dari Ronie.

Cinta Secita: sound kibor Yockie membuka lagu ini beriring denting piano syntheziser dari Ronie, kemudian muncul senandung dari Trio Bebek. Vokal Chrisye masuk ke bagian verse beriring hentakan pop slow tempo dan masih berlatar sound kibor Yockie serta denting piano dari Ronie. Sebelum masuk ke bagian reffrain, ada pengulangan permainan nada bagian verse dengan kibor oleh Yockie berlatar vokal dari Trio Bebek. Saat masuk ke bagian reffrain, sempat berselingan dengan fil in drum dari Keenan. Bagian coda lagu ini juga kembali diisi seperti di bagian intro tadi. Namun beriring hentakan drum Keenan dalam irama pop slow tempo, kemudian ditutup dengan vokal Trio Bebek yang menyanyikan bagian verse.

Kala Sang Surya Tlah Tenggelam: Ronie membuka terlebih dengan denting pianonya. Kemudian vokal Chrisye masuk ke bagian verse beriring denting piano Ronie. Menyusul sayup-sayup sound kibor Yockie yang melatarinya pada saat masuk ke verse kedua setelah reffrain pertama. Bagian jeda lagu ini diisi dengan denting piano Ronie dan sound kibor Yockie.

Nada Asmara: denting piano Ronie yang memainkan nada-nada bagian verse membuka lagu ini sepanjang tiga bar berlatar denting pianonya yang menggunakan teknik overdub, serta sound kibor Yockie. Kemudian vokal Chrisye masuk ke bagian verse hanya beriring denting piano Ronie dan sound kibor dari Yockie. Selanjutnya menyusul hentakan musik berirama slow bit funk dari Keenan yang masih mengiringi di bagian verse, termasuk di bagian reffrain. Bagian jeda lagu ini menyajikan permainan kibor Yockie yang seolah terinfluence gaya permainan Tony Banks saat memainkan bagian jeda lagu "Firth of Fifth" nya Genesis di album Selling England by The Pound (1973).

Citra Hitam: denting piano Ronie sayup-sayup terdengar, kemudian menyusul sound kibor dari Yockie yang masih berlatar denting piano Ronie. Selanjutnya vokal Chrisye masuk ke bagian verse masih beriring denting piano Ronie. Namun pada verse kedua, menyusul hentakan musik slow bit funk dari Keenan. Saat akan masuk ke bagian reffrain, muncul permainan kibor Yockie sepanjang empat bar berselingan dengan fil in drum Keenan. Bagian reffrain lagu ini juga beriring hentakan musik slow bit funk. Kemudian bagian jeda lagu ini kembali menyajikan permainan kibor Yockie yang berselingan dengan fil in drum Keenan. Nuansa musik art rock ala Genesis era Peter Gabriel dan Steve Hackett, sangat terasa sekali pada lagu ini. Seolah Chrisye bagai Peter Gabriel yang diiringi permainan kibor Tony Banks dalam hal ini Yockie dan permainan drum Phil Collins dalam hal ini Keenan. Sementara sound gitar gibson Steve Hackett pun mampu ditirukan oleh permainan kibor Yockie.

Adakah: permainan kibor Yockie membuka lagu ini sepanjang empat bar, kemudian vokal Chrisye masuk bagian verse beriring denting piano Ronie yang menyajikan patern slow tempo. Namun pada verse kedua dan bagian reffrain, mulai beriring hentakan musik slow bit funk dan sound kibor Yockie. Pada lagu ini sound kibor Yockie seolah mampu menyajikan sound - sound imitasi gitar Gibson ala Steve Hackett, mengingat saat penggarapan album ini memang tak menyertakan gitaris.

Anak Jalanan: dibuka dengan denting piano syntheziser Ronie Harahap yang menampilkan patern mid tempo. Sementara Yockie memainkan nada-nada bagian verse dengan kibornya. Selanjutnya Chrisye mulai memainkan basnya berunision dengan hentakan drum Keenan Nasution dan selanjutnya berselingan dengan vokalnya di bagian verse. Sementara saat masuk ke bagian reffrain beriring hentakan musik swing pop mid tempo. Bagian jeda lagu ini diisi dengan permainan kibor Yockie dan denting piano syntheziser dari Ronie Harahap dalam patern mid tempo. Vokal Chrisye kembali masuk ke bagian verse berselingan dengan dentaman basnya yang berunision dengan hentakan drum Keenan. Termasuk vokal latar dari Trio Bebek. Lagu ini ditutup dengan suara efek sepeda motor dan hentakan musik berbirama 2/4 slow tempo dan sound kibor dari Yockie. Gaya musik pada lagu ini seolah terinfluence "A Trick of The Tail" nya Genesis (1976).

Halaman:
1
2

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

NOAH Remake 'Menghapus Jejakmu', Simak Lirik Lagunya

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:51 WIB

Danar - Yang Terdalam (NOAH) Buat Ariel Tersenyum

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:20 WIB
X