Perpaduan Chrisye & D'Masiv

- Selasa, 24 Maret 2020 | 12:00 WIB
D Masiv - kala Sang Surya Tenggelam. (istimewa)
D Masiv - kala Sang Surya Tenggelam. (istimewa)

Judul: Kala Sang Surya Tenggelam
Artis: D'Masiv
Produksi: Musica/2020

SETELAH sebelumnya mendaur ulang lagu "Pergilah Kasih" milik almarhum Chrisye, kali ini D'Masiv mendaur ulang lagu "Kala Sang Surya Tenggelam". Meski dalam bentuk singel, lagu yang pernah dimuat dalam album Sabda Alam nya Chrisye (1978) ini memang dipercayakan kepada D'Masiv untuk dibawakan dalam sebuah proyek musik, di mana ada nama Iwan Fals hingga Geisha, yang membawakan karya-karya Guruh Soekarno Poetra.

Sebelum didaur ulang D'Masiv, Chrisye pernah mendaur ulang lagu karya Guruh ini di album Akustic Chrisye (1996) dan sempat menjadi hits saat itu. Bedanya, dalam album Akustic Chrisye, beriring musik akustik bernuansa etnik yang diarransemen Erwin Gutawa.

Kini "Kala Sang Surya Tenggelam" yang pernah menghiasi film Ali Topan Anak Jalanan (1978) didaur ulang D'Masiv dalam perpaduan gaya album Sabda Alam nya Chrisye dan gaya musik D'Masiv sendiri. Terbukti denting piano yang pernah dimainkan Yockie Suryoprayogo masih terasa nafasnya di bagian intro dan setelah jeda lagu. Berikut review singel D'Masiv - Kala Sang Surya Tenggelam:

Kala Sang Surya Tenggelam: Dibuka dengan denting piano seperti yang asli namun cuma sepanjang satu bar. Padahal yang asli sepanjang dua bar. Kemudian vokal Ryan masuk ke bagian verse beriring denting piano. Setelah melewati bagian reffrain, vokal Ryan langsung beriring musik berbirama 4/4 slow tempo. Bagian jeda diisi dengan sound moog yang nyaris tenggelam sound band, termasuk drive-drive gitar. Kemudian kembali ke denting piano dan vokal Ryan masuk ke bagian verse beriring musik berbirama 4/4 slow tempo. Lagu ini ditutup vokal Ryan di bagian reffrain yang beriring cuma denting piano.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

BTS Tampil dengan Megan, Jungkook Jaga Jarak

Selasa, 30 November 2021 | 06:12 WIB

Mengenal TREASURE, Grup Muda YG Entertainment

Senin, 29 November 2021 | 10:01 WIB

Tagar Kai Comeback Tengah Trending, Ini Penyebabnya

Senin, 29 November 2021 | 06:48 WIB

Dua Lagu Ini Jadi Penyemangat bagi Penderita AIDS

Sabtu, 27 November 2021 | 21:52 WIB
X