Bersama Keluarga, Komunitas Xpander Jelajah Candi Borobudur

- Rabu, 19 Agustus 2020 | 05:17 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KENYAMANAN menjadi kata kunci keluarga Indonesia untuk memiliki mobil Mitsubishi Xpander. Dibanding kendaraan serupa merek lain, Xpander memiliki keunggulan dari segi kecepatan, mesin hingga kabin.

Hal ini pula yang diakui Ketua Pengda X-MOC (Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia) Jawa Tengah, Slamet Widodo. "Di rumah ada dua mobil, satu Xpander dan satu merek lain. Dari segi kecepatan sudah coba merek sebelah, kecepatannya lebih nyaman ini (Xpander). Selain itu suara mesin halus dan kabin lebih luas," tutur Slamet Widodo saat berbincang dengan Suara Merdeka, Selasa (18/8).

Berkat kenyamanan ini, Slamet yang berprofesi sebagai pegawai perusahaan BUMN (PLN), menceburkan diri ke X-MOC yaitu komunitas pemilik kendaraan Mitsubishi Xpander di Indonesia. Di klub itu, ia juga menemukan kenyamanan karena di dalamnya mengutamakan persaudaraan. Anggotanya pun berasal dari berbagai kalangan, seperti pengusaha, PNS, wiraswasta, karyawan BUMN hingga ibu rumah tangga juga ada. "Lebih banyak seduluran (persaudaraan) di komunitas X-pander, membernya tidak kalangan menengah ke atas, tapi merangkul semua kalangan. Semua menjadi seperti saudara sendiri. Kami sering bertukar pengalaman, termasuk soal unit Xpander" ujar Slamet.

Di Pusat, X-MOC berdiri di Jakarta pada 10 September 2017. Sedangkan di Jawa Tengah, komunitas tersebut dideklarasikan pada 21 Januari 2018. Jumlah member di Jateng, hingga sekarang mencapai 538 anggota, terbanyak setelah Jawa Barat. Para anggota tersebut tersebar di beberapa chapter, yaitu Semarang, Solo Raya, Kedu Raya, Banyumas Raya, Pantura Raya dan Muria Raya.

Menariknya di komunitas Xpander, lanjut Slamet, kegiatan dilakukan dengan melibatkan keluarga. Contohnya adalah touring. Menurut dia, dengan kabin kendaraan yang luas, anak dan istri para anggota X-MOC bisa diajak touring. "Karena Xpander adalah mobil keluarga, kami selalu ajak keluarga selama touring. Kami saling memperkenalkan masing-masing keluarga di antara member dan saling bersilaturahmi," terangnya.

Touring yang pernah dilakukan X-MOC Jateng, antara lain di Bali pada tahun lalu. Selain itu, mereka juga pernah ke area pegunungan di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Di masa New Normal ini, kenyamanan bersama Xpander tak pernah hilang. Dengan mematuhi protokol kesehatan, para pengurus X-MOC Jateng menjalani tour ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, sekaligus rapat koordinasi antar pengurus. Kegiatan yang baru dilaksanakan beberapa hari lalu itu, juga melibatkan sanak famili. "Ke mana-mana keluarga selalu ikut, ini sekaligus refreshing di tengah New Normal dengan mematuhi protokol kesehatan," jelas Slamet dengan nomor anggota X-0957.

Uji Coba

Operasional Taman Wisata Candi Borobudur mulai dibuka kembali setelah melalui tahap uji coba pada 25 Juni 2020. Pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Setelah berlama-lama berdiam diri di rumah, di masa New Normal ini, pengunjung dari berbagai kota, termasuk komunitas Xpander Jateng bisa menikmati keindahan dan keunikan candi yang pernah masuk salah satu keajaiban di dunia tersebut.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Tips Aman Mendapatkan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Senin, 6 September 2021 | 23:37 WIB

Butuh Kaca Film Merek Terkenal? Silahkan Cek di Sini

Minggu, 1 Agustus 2021 | 22:30 WIB
X