• KANAL BERITA

Menyapu di Malam Hari, Bikin Seret Rezeki?

Foto: Geet Aditya
Foto: Geet Aditya

Gugon Tuhon - Sebagai masyarakat Jawa, tentu ada banyak larangan-larangan tertentu yang diwariskan dari leluhur. Meski terkadang tak masuk akal, namun nyatanya masih banyak yang mempraktekkannya.

Salah satu mitos klasik yang populer adalah larangan menyapu di malam hari. Menurut orang-orang tua zaman dulu, menyapu di malam hari atau saat langit gelap dapat membuang rezeki yang telah kita kumpulkan selama seharian. Kotoran yang akan disapukan atau dibuang diumpamakan sebagai rezeki yang telah didapatkan dalam sehari itu.

Ada juga yang mengatakan, menyapu di malam hari bisa menyebabkan rezeki seret atau sulit rezeki. Dalam mitos ini, siapa pun yang melanggar larangan ini bisa mendapatkan kesialan atau mengundang nasib buruk.

Selain rezeki, mitos menyapu di malam hari juga identik dengan makhluk halus. Saat menyapu di malam hari, kita bisa saja mengganggu makhluk gaib yang tidak terlihat dengan tidak sengaja mengenai bagian tubuhnya dengan sapu. Hal ini bisa membuat mereka sehingga mengundang sial atau nasib buruk untuk pelakunya.

Sebenarnya tidak ada penjelasan logis mengenai korelasi antara menyapu malam hari dengan hilangnya rezeki. Namun, jika dimaknai secara logis, kegiatan menyapu memang sebaiknya dilakukan pagi atau siang hari karena di waktu tersebut penerangan lebih maksimal dan hasilnya pun nanti juga akan maksimal.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)