Salatiga Kota Kreatif Kuliner, Olahan Singkong Kontribusi Rp 15 Miliar/Tahun

- Kamis, 20 Mei 2021 | 07:07 WIB
PENCANANGAN: Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE MM saat pencanangkan Salatiga sebagai Kota Kreatif Kuliner ''Goes to UCCN''. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
PENCANANGAN: Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE MM saat pencanangkan Salatiga sebagai Kota Kreatif Kuliner ''Goes to UCCN''. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com -  Kota Salatiga dicanangkan sebagai Kota Kreatif Kuliner dan akan dimasukkan dalam Unesco Creative Cities Network (UCCN) di bawah PBB. Untuk tahap awal, kuliner kreatif yang dipilih ada ketela atau singkong, karena saat ini UKM yang bergerak di bidang olahan singkong mampu memberikan kontribusi Rp 15 miliar/tahun di Salatiga. 

''Ini sangat luar biasa. Meskipun tanpa ada bantuan dari pemerintah, para pelaku usaha kuliner berbahan dasar ketela atau singkong ini mampu mendatangkan pendapatan Rp 15 miliar di Kota Salatiga. Tentunya yang belanja tidak hanya warga Kota Salatiga, tetapi dari luar Kota Salatiga yang uangnya berputar di Kota Salatiga,'' kata Yuliyanto, saat mencanangkan Kota Salatiga sebagai Kota Kreatif Kuliner ''Goes to UCCN'' di rumah dinas wali kota Jl Diponegoro, Rabu (19/5).

Menurutnya, saat ini terjadi perubahan perilaku masyarakat modern mengonsumsi ketela atau singkong dengan citarasa modern. Wali Kota yakin, dengan olahan ketela bisa membawa Kota Salatiga dikenal internasional. Yuliyanto menjelaskan, sekira enam bulan lalu dia menerima informasi dari Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) terkait adanya kegiatan kota kreatif dunia untuk Kota Salatiga dan dipilih Salatiga sebagai kota kuliner. 

Dengan memilih kuliner berbahan dasar singkong ini diharapkan akan menumbuhkembangkan kuliner lainnya, seperti kopi dan makanan olahan lain. Masyarakat tidak perlu berkecil hati, karena makanan ketela bukan makanan orang kampung. Tetapi, masyarakat perkotaan, restoran dan kafe sudah banyak yang menyediakan makanan tradisional berbahan dasar ketela tersebut sebagai makanan favorit.

Selain Salatiga, kota-kota di Indonesia yang sudah masuk sebagai kota kreatif di antaranya Kota Pekalongan, Kota Bandung, dan Kota Ambon. Sementara itu, Kadinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga, Vakentino T Haribowo menjelaskan, banyak prestasi yang ditorehkan oleh Pemerintah Kota Salatiga selama ini. Namun akan lebih lengkap bila Kota Salatiga tergabung dalam Unesco Creative Cities Network (UCCN) atau jaringan kota kreatif dunia versi Unesco.

Editor: Andika

Terkini

Mampir ke Pati, Yuk Cobain 3 Makanan Khasnya Ini

Kamis, 16 September 2021 | 20:09 WIB

Masak Pare Biar Pahitnya Hilang, Ini Nih Rahasianya

Selasa, 14 September 2021 | 15:01 WIB

Tamu yang Menginap Mendapat Bouquet Snack, Ini Sebabnya

Minggu, 12 September 2021 | 16:01 WIB

Thailand Punya Street Food Ekstrem, Anda Berani Coba?

Sabtu, 11 September 2021 | 11:24 WIB
X