Inovasi Nasi Ulam Bunga Telang, Jadi Kuliner Rasa Persatuan

- Minggu, 25 April 2021 | 20:00 WIB
Menu kuliner Nasi Ulam Bunga Telang dinikmati pengunjung saat berbuka puasa, belum lama ini.
Menu kuliner Nasi Ulam Bunga Telang dinikmati pengunjung saat berbuka puasa, belum lama ini.

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menu kuliner Nasi Ulam Bunga Telang, dihadirkan dengan filosofi tentang persatuan dalam keberagaman, di Kota Semarang. Bunga Telang sendiri belakangan semakin digemari sebagai tanaman yang kaya manfaat.

"Warna biru ke-unguan pada nasi berasal dari bunga telang. Warna ini sebagai simbol perdamaian, harmoni, persatuan, kebenaran, kepercayaan", kata Poppy Operational Manager Orange Brown Café, yang menghadirkan menu tersebut, Jumat (23/4).

Menu ini, lanjut Poppy, bertema persatuan dalam keberagaman. Menu ini disajikan di atas tampah, dDi mana di dalamnya terdiri dari berbagai jenis lauk dan sayur serta nasi gurih bunga telang bewarna biru ke-unguan.

Berbagai lauk yang disediakan pada menusambel goreng ati, telur, ikan asin (gereh), ayam rempah, wortel, sayuran, sambel matah, serundeng. Ini perpaduan rasa manis, pedas, asin, gurih, segar, kriuk, melambangkan perbedaan dan keberagaman yang saling mendukung dan menguatkan.

“Menu ini disajikan untuk lima orang. Cara menikmatinya pun unik. Diurap dahulu bersama-sama di atas tampah. Diaduk menjadi satu, rata, sehingga memadukan ragam rasa,” jelasnya.

Harapannya, lanjut dia, ketika makan Nasi Ulam Bunga Telang bersama kerabat dan sahabat, selalu dalam suasana guyub rukun penuh damai.

“Terlebih saat ini di Bulan Ramadan nan suci, semoga menjadikan ibadah kita penuh berkah", kata Poppy.

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Mampir ke Pati, Yuk Cobain 3 Makanan Khasnya Ini

Kamis, 16 September 2021 | 20:09 WIB

Masak Pare Biar Pahitnya Hilang, Ini Nih Rahasianya

Selasa, 14 September 2021 | 15:01 WIB

Tamu yang Menginap Mendapat Bouquet Snack, Ini Sebabnya

Minggu, 12 September 2021 | 16:01 WIB

Thailand Punya Street Food Ekstrem, Anda Berani Coba?

Sabtu, 11 September 2021 | 11:24 WIB
X