Kurma Ternyata Beragam, Ini Jenisnya

- Kamis, 15 April 2021 | 12:32 WIB
Foto istock
Foto istock

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kurma adalah makanan khas saat bulan Ramadan yang sepertinya menjadi sajian wajib saat sahur dan buka puasa.

Kurma juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Setiap buah kurma tinggi nilai gizi seperti vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Dampak Corona, Stok Impor Buah Kurma Dibatasi

Baca Juga: Dua Komoditas Kurma Tropis Dikembangkan di Desa Kalikurmo

Kurma juga memiliki banyak jenis. Di Indonesia, kebanyakan kurma didatangkan dari negara Timur Tengah. Masing-masing kurma dari berbagai daerah memiliki ciri khas yang berbeda.

Berikut jenis-jenisnya dirangkum dari beberapa sumber:

1. Ajwa. Kurma ajwa sering disebut sebagai kurma nabi. Kurma ini hanya tumbuh di Madinah saja. Warnanya hitam gelap dengan tekstur lembut, rasa yang enggak terlalu manis dan menyerupai kismis.

2. Amer Hajj. Kurma amer hajj sangat terkenal di Irak dan biasa disebut sebagai the visitor's date. Soalnya, masyarakat Irak umumnya menyajikan kurma ini sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah. Kurma amer hajj memiliki daging yang tebal dan tekstur lembut dengan kulit yang tipis.

3. Barhi. Barhi atau Barhee adalah salah satu jenis kurma terkenal yang kaya akan rasa dan punya daging tebal. Uniknya, kurma barhi ini lebih enak dimakan langsung daripada dikeringkan dahulu.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Mampir ke Pati, Yuk Cobain 3 Makanan Khasnya Ini

Kamis, 16 September 2021 | 20:09 WIB

Masak Pare Biar Pahitnya Hilang, Ini Nih Rahasianya

Selasa, 14 September 2021 | 15:01 WIB

Tamu yang Menginap Mendapat Bouquet Snack, Ini Sebabnya

Minggu, 12 September 2021 | 16:01 WIB

Thailand Punya Street Food Ekstrem, Anda Berani Coba?

Sabtu, 11 September 2021 | 11:24 WIB
X