Teknik Carving, Ubah Buah dan Sayur Tampil Lebih Menarik

- Sabtu, 27 Februari 2021 | 17:19 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Buah-buahan dan sayur mayur tak sekadar dikonsumsi. Dengan teknik tertentu, aneka macam buah maupun sayuran bisa terlihat lebih menarik. Bahkan, bisa pula dijadikan hantaran hingga hiasan di atas menu makanan lain, semisal tumpeng.

Teknik Carving namanya. Dengan metode ini, aneka buah dan sayur mayur bisa dihias dalam berbagai bentuk. Mulai dari menyerupai vas bunga, tanaman, hewan, hingga beragam bentuk unik lainnya.

Salah satu pelaku sekaligus praktisi Art Fruit Carving, Aryati mengungkapkan, seni menghias buah dan sayur mayur bisa dilakukan siapa saja. Sebagian orang bahkan bisa melakukannya tanpa kursus atau belajar secara formal. Dengan kata lain bisa dilakukan secara autodidak.

"Saya dulu awalnya belajar melalui sarana visual, seperti melihat tayangan-tayangan di sosial media dan youtube. Kalau mau kursus tentu akan lebih baik, tetapi jika ingin belajar sendiri pun bisa," kata wanita yang biasa disapa Bu Ar ini saat berbincang dengan Suara Merdeka, Sabtu (27/2).

Baca Juga: Petani Rintis Wisata Buah dan Sayuran

Kuncinya adalah ketekunan, kesabaran, ketelitian dan tentunya mau belajar. Menurut wanita yang bekerja di salah satu anak perusahaan BUMN itu, hampir semua buah dan sayuran bisa dihias dengan teknik ini.

Peralatan yang digunakan pun sederhana dan tidak memerlukan alat yang mahal. Salah satu yang diperlukan adalah pisau carving. Pisau ini memang dirancang khusus untuk menghias buah dan sayuran dengan teknik carving.

Baca Juga: Puluhan Warga Aksi Makan Buah dan Sayur

"Biasanya saya lakukan kalau senggang, misalnya Sabtu dan Minggu. Kebetulan kalau akhir pekan, saya memang pulang ke rumah (Semarang). Jika suasana hati mendukung, saya bisa menghias tiga hingga empat buah/sayuran sekaligus," ujarnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Menikmati Makanan Khas Solo Tanpa Harus Mudik

Senin, 26 April 2021 | 07:35 WIB

Menarik Pasar dengan Olahan Bebek Kekinian

Jumat, 16 April 2021 | 08:18 WIB

Kurma Ternyata Beragam, Ini Jenisnya

Kamis, 15 April 2021 | 12:32 WIB

Bakwan Udang, Cocok Jadi Teman Buka Puasa

Rabu, 14 April 2021 | 13:03 WIB

Minuman Segar untuk Buka Puasa di Hari Pertama

Selasa, 13 April 2021 | 17:12 WIB

Menu Sehat Berbuka Puasa, Yuk! Intip Resepnya

Selasa, 13 April 2021 | 14:45 WIB
X