Memasak Pare Agar Tidak Terasa Pahit, Ini Tipsnya

- Rabu, 2 Desember 2020 | 11:31 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

PARE memang sayuran yang memiliki rasa pahit, namun sayur ini merupakan sayuran yang berkhasiat tinggi. Bahkan sejak dulu banyak yang menganggap bahwa pare bisa menjadi bahan makanan yang manjur untuk pengobatan dan melancarkan pencernaan. Sayangnya sayuran ini tidak hanya memiliki rasa pahit, tapi juga memiliki rasa getir yang sangat terasa di lidah. Tak sedikit orang yang suka menyantap pare karena rasa pahitnya itu.

Tapi karena mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A dan C, sangat disayangkan jika anda tidak menyukai sayuran ini hanya karena rasanya. Lagipula rasa pahit pare bisa disamarkan dengan beberapa tips pengolahan yang tepat.

1. Pilih jenis pare yang anda sukai

Jenis pare yang dapat anda temukan di pasaran ada tiga macam yaitu pare gajih atau pare putih dan pare hijau. Ada juga pare ular yang bentuknya bulat panjang dan agak melengkung dengan permukaan kulit buahnya berwarna hijau keputihan. Jenis pare ular ini memiliki rasa yang tidak begitu pahit dibandingkan dua jenis pare lainnya. Pare jenis ini lah yang bisa menjadi salah satu pare yang bisa kamu olah untuk mengurangi rasa pahit.

2. Belah dan hilangkan bagian tengah pare yang berwarna putih

Menghilangkan  bagian dalam pare bermanfaat untuk mengurangi rasa pahitnya. Nah, cara menghilangkan bagian tengahnya sendiri itu sangat mudah. Pertama anda harus membelah pare menjadi dua bagian, kemudian ambil sendok atau alat yang bisa mengerok bagian dalam pare. Lalu buang bagian dalam pare. Jika bagian dalam pare yang berwarna putih itu masih ada terus kerok hingga tidak terlihat lagi pada bagian hijau dari pare. Selanjutnya potong-potong pare sesuai selera anda.

3. Rendam pare dengan garam yang sudah dilarutkan

Cara untuk menyamarkan rasa pahit pare salah satunya dengan merendamnya dengan garam yang sudah dilarutkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, cuci hingga bersih agar rasa asin garam yang melekat di pare hilang dan pare siap dimasak.

Selain itu  jangan merebus pare terlalu lama. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika merebus pare dengan waktu yang lama akan menghilangkan rasa pahit, padahal cara tersebut malah akan membuat gizi pada pare hilang. Jadi jika anda tidak ingin gizi yang terkandung di dalam pare hilang, usahakan jangan merebunya terlalu lama.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Menikmati Hangatnya Ronde di Eks Garasi Bus Esto

Sabtu, 1 Januari 2022 | 06:45 WIB

Yuk, Membuat Cumi Sambal Ijo, Ini Resepnya

Sabtu, 11 Desember 2021 | 13:57 WIB

Mau Memasak Tumis Jantung Pisang? Begini Resepnya

Sabtu, 11 Desember 2021 | 13:19 WIB

Ini Cara Membuat Perkedel dengan Cepat dan Mudah

Sabtu, 11 Desember 2021 | 07:46 WIB

Yuk, Membuat Nasi Uduk Ala Anak Kos

Rabu, 8 Desember 2021 | 07:36 WIB
X