Terganggu Pandemi, Temuan Kasus Tuberkulosis Menurun

- Sabtu, 10 April 2021 | 12:18 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kasus tuberkulosis (TBC) di Indonesia menurun tajam. Ada dugaan hal ini karena terganggu pandemi Covid-19. Wabah corona mentebabkan sebagian besar sumber daya yang ada di masyarakat untuk mengatasi penyakit tersebut. Akibatnya, penanggulangan penyakit lain menjadi terabaikan, termasuk TBC.

Project Leader Zero TBC Yogyakarta, dr Rina Triasih MMed(Paed) PhD SpA (K) mengungkapkan  informasi pandemi membuat temuan kasus TBC di Indonesia menurun. Data Kemenkes 2020 mencatat ada 271.750 kasus TBC yang ternotifikasi atau ditemukan. Angka itu menurun jika dibandingkan temuan pada tahun 2019 sejumlah  568.987 kasus. Ada dugaan jumlah kasus di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 840.000.

''Sebagian besar sumber daya yang ada di sektor kesehatan maupun sektor lainnya dioptimalkan untuk menangani Covid-19. Kondisi tersebut berdampak pada penemuan kasus dan penanganan TBC jadi menurun,'' paparnya.

Baca Juga: Penderita Tb Mudah Terserang Covid-19

Menurut Rina kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah yang mentargetkan dapat mengeliminasi TBC pada 2030 mendatang. Dengan masih banyaknya pasien TBC yang belum didiagnosis dan diobati, berarti masih banyak sumber penularan TBC. Apabila tidak tertangani dengan baik dan benar, tidak hanya akan menambah jumlah kasus TBC baru, tetapi juga bisa meningkatan angka kematian. Indonesia saat ini menjadi negara penyumbang kasus TBC terbesar kedua di dunia.

Upaya Tambahan

Rina yang juga Peneliti pada Pusat Kajian Kedokteran Tropis UGM menjelaskan perlu upaya tambahan inovatif dan komprehensif agar Indonesia dapat mencapai target eliminasi pada 2030. Pendekatan komprehensif yakni temukan, obati dan cegah diperlukan untuk mencapai target.

Baca Juga: 5 Pasien RSPAW Sembuh dari Tb-RO

''Pendekatan itulah yang digunakanProgram Zero TB Yogyakarta untuk berkontribusi mengeliminasi TBC. Upaya menurunkan kasus TBC tidak hanya dengan menemukan kasus dan melakukan pengobatan tetapi juga memberikan terapi pencegahan,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Reguk Kesegaran Buah Semangka, Tiga Manfaat bagi Tubuh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:54 WIB

Alasan Mengapa Sikat Gigi Sebelum Tidur Itu Penting

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:01 WIB
X