Pandemi Pengaruhi Kesehatan Mental, Segera Atasi!

- Senin, 15 Maret 2021 | 15:36 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Burnout atau merasa gagal dan lesu akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang, menjadi salah satu kondisi psikologis yang sering dialami masyarakat. Berkaca pada masa pandemi Covid-19, burnout lazim dialami karena menjalankan berbagai aktivitas secara online di area rumah tanpa banyak keluar ruangan yang memicu kejenuhan, mulai dari pekerjaan kantor, kegiatan besosialisasi, hingga mendampingi kegiatan belajar anak yang serentak dilakukan secara online.

Masalah lainnya yang kerap terjadi yaitu munculnya gangguan kecemasan atau anxiety. Yakni seperti merasa depresi akibat pandemi yang telah berlangsung lama dan juga masalah yang berkaitan dengan rumah tangga.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik untuk diperhatikan secara serius. Adanya berbagai gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh masyarakat, khususnya selama pandemi ini, mendorong Guardian untuk menyediakan fitur layanan konseling psikologi gratis, yang disediakan hingga 31 Maret 2021.

Baca Juga: Tiga Persoalan Besar Kesehatan Mental Muncul Saat Pandemi, Apa Saja?

Direktur Guardian Indonesia, Naresh Kalani mengatakan, selama masa pandemi kondisi stres seseorang meningkat dari biasanya dan hal ini dialami oleh semua orang baik dari rentang usia dewasa ataupun anak-anak.

“Sebabnya bisa macam-macam seperti kehilangan orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, menjadi guru di rumah, work from home, dan sebagainya,” kata Naresh Kalani dalam talkshow Guardian ‘Healthy Inside Out’.

Dijelaskan, melihat kondisi tersebut, pihaknya berusaha untuk memberikan pelayanan lebih kepada para pelanggan. Sebagai retailer kebutuhan produk kecantikan dan kesehatan terkemuka di dunia, memandang bahwa kesehatan mental dan fisik masyarakat menjadi prioritas utama melalui kampanye ‘Healthy Inside Out’ selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cek, Hubungan Kesehatan Mental dan Lingkungan Kerja

Selain layanan konsultasi gratis, Guardian juga memiliki program bincang-bincang tentang masalah kesehatan melalui platform media sosial Instagram @guardian_id dan aplikasi Tanya Apoteker bagi pelanggan yang ingin menanyakan masalah obat-obatan dan menebus resep dokter melalui aplikasi WhatsApp.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X