Aprilia Manganang Disebut Mengidap Hipospadia, Begini Penjelasannya

- Rabu, 10 Maret 2021 | 09:42 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Aprilia Manganang telah mengubah statusnya dari wanita menjadi pria. Sosok yang sebelumnya dikenal sebagai atlet bola voli putri itu dikabarkan mengidap hipospadia. Hal ini terungkap usai menjalani beberapa pemeriksaan. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, kondisi hipospadia yang diidap Aprilia Manganang jelas berbeda dengan transgender dan interseks.

Hipospadia adalah kelainan sejak lahir saat lubang uretra tidak terletak di ujung penis. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan ada tiga jenis hipospadia yang umumnya ditemui, dari kondisi ringan hingga parah, seperti berikut.

1. Subcoronal: Lubang uretra terletak di suatu tempat di dekat kepala penis.
2. Midshaft: Lubang uretra terletak di sepanjang batang penis.
3. Penoscrotal: Lubang uretra terletak di tempat pertemuan penis dan skrotum.

Beberapa orang yang memiliki kondisi hipospadia ini juga disebut CDC terkadang mempunyai bentuk penis melengkung. Mereka juga memiliki masalah saat buang air kecil, karena keluarnya urin seperti tidak normal.

"Pada beberapa anak laki-laki dengan hipospadia, testis belum sepenuhnya turun ke dalam skrotum. Jika hipospadia tidak ditangani dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti kesulitan melakukan hubungan seksual atau kesulitan buang air kecil saat berdiri," jelas CDC.

Lalu siapa saja yang rentan mengalami hipospadia?

1. Usia dan berat tubuh: Seorang ibu yang berusia di atas 35 tahun dan obesitas memiliki risiko tinggi melahirkan bayi dengan kondisi hipospadia.
2. Hormon tertentu: Wanita yang mengonsumsi hormon tertentu sebelum atau selama kehamilan terbukti memiliki risiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan hipospadia.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X