Jambu Kristal Bukan Penangkal Covid-19

- Kamis, 4 Maret 2021 | 16:15 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Beredar informasi dari berbagai media sosial mengenai jambu kristal yang dapat menangkal virus corona. Ahli Gizi UGM, Aviria Eramilia, M Gizi RD menegaskan narasi di media sosial terkait jambu kristal putih untuk mencegah Covid-19 tidak benar.

Menurutnya hingga saat ini belum ada makanan yang secara spesifik digunakan untuk mencegah atau sebagai antivirus Covid-19. Begitu pula dengan jambu kristal putih. Belum ada studi klinis khusus terkait jambu kristal putih sebagai penangkal Covid-19.

Baca Juga: Andalkan Kampung Jambu Kristal

''Dalam jambu kristal putih kaya  kandungan gizi. Di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh. Zat gizi yang nyata adalah vitamin C yang tidak terlalu berbeda dengan jambu biasa,'' papar dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM tersebut, kemarin.

Baca Juga: Jambu Kristal Miliki Tiga Rasa

Daging buah pada jambu kristal putih lebih banyak dibandingkan dengan jenis jambu lainnya dan kandungan bijinya hanya 3 persen. Selain itu, tingkat kemanisan jambu kristal lebih merata di semua daging buah. Bahkan tingkat kemanisannya rata-rata lebih tinggi dibanding buah jambu biasa sehingga lebih enak rasanya.

''Kandungan vitamin C dalam jambu kristal putih memiliki manfaat  membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu tubuh tidak mudah terjangkit penyakit, virus, maupun bakteri. Sekali lagi secara spesifik sebagai penangkal Covid-19 tidak benar. Yang benar buah ini bagus kandungan zat gizinya terutama vitamin C dan mineral untuk mendukung kekebalan tubuh,'' imbuhnya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X