Leptospiroris Tidak Saja Bahayakan Manusia, Tapi Juga Hewan

Red
- Senin, 15 Februari 2021 | 20:17 WIB
(istimewa)
(istimewa)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemilik hewan rumahan agar ekstra waspada atas hewan kesayangannya dari serangan leptospirosis, karena ternyata penyakit yang bersumber dari kencing tikus itu tidak saja berbahaya bagi manusia, tetapi juga hewan.

Ancaman leptospirosis semakin besar pada saat intensitas hujan semakin sering belakanagan hari ini, demikian kesimpulan drh Wahyu Pertiwi dari Animal Center Drh, Nugroho Semarang tentang ancaman lepto pada hewan ;afa invang hean sehat Senin (15/2).

"Efek puncak dari lepto ini bisa mengakibatkan kematian hewan. Karena infeksi bakteri yang berbahaya bisa merusak hati. Seluruh permukaan tubuh, gusi dan matanya akan menguning," kata Wahyu Pertiwi.

Leptospiroris biasanya menyerang banyak hewan, terutama anjing sangat rentan, apalagi yang berada di lingkungan yang banyak bersarang tikus. Kebersihan lingkungan rumah adalah syarat utama agar bisa terhindar dari berjangkitnya leptospirosis. Untuk manusia dianjurkan setiap beraktivitas untuk membersihkan (mencuci) tangan.

"Sedangkan untuk hewannya, harus menjaga lingkungan dan memantau hewannya saat dilepas," ungkas dokter hewan lulusan Universitas Gajah Mada, Jogjakarta itu.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X