Studi: Pasien Demensia Rentan Terinfeksi Covid-19

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 14:00 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Case Western University melakukan penelitian kepada 61.7 juta warga dewasa Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa risiko terpapar Covid-19 bagi orang dengan demensia (ODD) dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami demensia.

Studi ini telah dipublikasikan dalam Alzheimer & Dementia: The Journal of the Alzheimer’s Association. Dalam penelitian itu disebutkan, ODD kemungkinan besar harus dirawat di rumah sakit atau meninggal apabila terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan studi tersebut, responden yang berisiko masuk rumah sakit sekitar 25 persen. Namun, jumlah itu meningkat menjadi hampir 59 persen bagi orang dengan demensia.

Baca Juga: Penanganan Penyakit Demensia Alzheimer, Negara Harus Hadir

Angka kematian orang dengan demensia yang terkena Covid-19 juga lebih tinggi dibandingkan dengan nondemensia. Studi itu menyebut, tingkat kematian nondemensia adalah 5 persen sedangkan ODD mencapai 20 persen.

“Pasien dengan demensia sangat rentan terinfeksi Covid-19 dan apabila terinfeksi maka risikonya juga lebih besar dibandingkan dengan pasien nondemensia,” kata Pamela Davis, profesor ilmu medis di Case Western University yang terlibat dalam penelitian tersebut, seperti dilansir laman USAToday, Kamis (11/2/2021).

Tahun lalu, London School of Economics dan University College of London membuat penelitian tentang demensia dan Covid-19. Studi tersebut mengungkapkan, orang dengan demensia menyumbang seperempat kematian akibat Covid-19 di Inggris dan Wales.

Sementara secara umum, data menunjukkan bahwa lebih dari 75 persen dari total kematian pasien virus corona di fasilitas perawatan atau panti jompo terjadi pada pasien demensia.

Penelitian tersebut mengamati angka kematian orang dengan demensia (ODD) melalui laporan yang diperbarui secara berkala di sembilan negara. Menurut studi ini, 25 persen kematian terkait Covid-19 di Inggris dan Wales terjadi pada pasien demensia, 31 persen di Skotlandia dan 19 persen di Italia.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X