Cegah Timbul Klaster Keluarga, Ini Cara Efektif Isolasi Mandiri

- Jumat, 12 Februari 2021 | 13:22 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan tingkat keterpakaian tempat tidur rumah sakit di sembilan provinsi mencapai lebih dari 70 persen pada pertengahan Januari lalu. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun menghimbau untuk melakukan isolasi mandiri di tempat yang memadai.

“Jadi, tolong Bapak Ibu, kalau misalnya Bapak Ibu tidak demam dan tidak sesak napas, itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau Bapak Ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri, lakukan di rumah dan di kamar," ujarnya setelah rapat terbatas (11/1).

Untuk itu, masyarakat perlu memperhatikan cara isolasi mandiri yang efektif. Namun, dilansir dari Pandemi Talks, keberhasilan isolasi mandiri tak dipungkiri berpotensi menimbulkan klaster keluarga. Karenanya butuh dukungan seluruh pihak, tak hanya keluarga tetapi juga dari puskesmas, rukun warga (RW), rukun tetangga (RT), hingga tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga: Terjadi Klaster Keluarga, Masyarakat Harus Saling Bantu

Peran keluarga di rumah adalah memberi dukungan penuh, memenuhi kebutuhan pasien dengan menjalankan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), melaporkan secara berkala keadaan pasien dan bersikap kooperatif kepada puskesmas.

Baca Juga: Menkes: Pasien Gejala Covid-19 Ringan Idealnya Isolasi Mandiri di Rumah

Lalu terdapat puskesmas yang berwenang mengatur dan memutuskan situasi pasien sesuai kondisinya, melakukan dengan tracing kontak erat, menjadwalkan pemeriksaan kesehatan untuk pasien dan keluarga di rumah, dan memantau perkembangan kesehatan pasien.

Yang tak kalah penting terdapat RW, RT, hingga tokoh masyarakat yang memungkinkan proses penyembuhan terjadi. Upaya yang paling signifikan adalah tidak memberikan stigma kepada pasien yang menjalani isolasi mandiri atau keluarganya dan bersikap kooperatif kepada petugas kesehatan jika termasuk ke dalam kriteria kontak erat.

Baca Juga: Jalani Isolasi Mandiri? Ini 10 Protokol Kesehatannya

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X