Isolasi Mandiri di Rumah Tak Bisa Sembarangan, Prokes Harus Ketat

- Kamis, 11 Februari 2021 | 14:50 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Mereka yang positif Covid-19 tanpa gejala sebaiknya menjalani isolasi mandiri di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Namun demikian, isolasi mandiri tidak bisa dilakukan sembarangan.

Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSA UGM, Trimuryani Nugraheni SKep Ners mengungkapkan hal itu dalam talk show HUT ke-19 RSA UGM, Kamis 11 Februari 2021.

 ''Saat isolasi mandiri di rumah tidak bisa sembarangan, ada  protokol isolasi mandiri yang harus ditaati agar tidak terjadi transmisi dalam keluarga dan lingkungan sekitar. Yang menjalani isolasi mandiri di rumah sebisa mungkin tetap berada di rumah,'' tandas Trimuryani.

Baca Juga: Menkes: Pasien Gejala Covid-19 Ringan Idealnya Isolasi Mandiri di Rumah

Baca Juga: Saling Menguatkan di Rumah Isolasi Mandiri, Berhasil Sembuh dari Covid-19

Ketika pasien menjalani isolasi mandiri, ia harus menghindari aktivitas di luar rumah. Selain itu pasien sebiasa mungkin menghindari kontak erat dengan orang lain atau melakukan pembatasan fisik. Langkah lain yang harus dilakukan saat menjalani isolasi mandiri adalah memisahkan pasien dengan anggota keluarga lainnya. Contohnya, meminimalkan berbagi ruangan dengan anggota keluarga lainnya dan membatasi jumlah orang yang merawat pasien. Perlu pula melakukan pengaturan ventilasi supaya ruangan isolasi memiliki sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga: Jalani Isolasi Mandiri? Ini 10 Protokol Kesehatannya

Hidup Bersih

Trimuryani menjelaskan, pasien harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) antara lain dengan rajin mencuci tangan setiap menyentuh sesuatu ataupun lingkungan sekitar, sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, dan ketika tangan terlihat kotor.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Krisdayanti; Minuman Berserat Adalah Kunci

Senin, 2 Agustus 2021 | 20:17 WIB

Pakar: Makan di Luar Lebih Berisiko Tertular Covid-19

Minggu, 1 Agustus 2021 | 13:38 WIB
X