Telur Tidak Harus Disimpan di Kulkas, Berikut Alasannya

Red
- Selasa, 13 Oktober 2020 | 11:20 WIB
Telur Tidak Harus Disimpan di Kulkas, Berikut Alasannya. (istimewa)
Telur Tidak Harus Disimpan di Kulkas, Berikut Alasannya. (istimewa)

TELUR adalah makanan pendamping nasi yang sering dijumpai di Indonesia. Hampir setiap rumah memiliki bahan makanan yang satu ini karena telur cukup praktis untuk dimasak dan mudah dijumpai dipasaran. Rata – rata setiap rumah di Indonesia menyimpan telur didalam kulkas. Ternyata hal tersebut dapat menyebabkan beberapa efek negative jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

1.Suhu yang Tidak Stabil

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia menyimpan telur di pintu kulkas. Karena rata – rata kulkas menempatkan tempat telur di pintu kulkas. Sebenarnya hal ini lebih baik dihindari karena bisa menyebabkan dampak negative. Karena kita sering membuka dan menutup pintu kulkas hal ini jadi menyebabkan suhu yang tidak stabil. Hal ini bisa memicu membrane telur yang rusak dan mudahnya bakteri yang masuk.

2.Mencuci Telur

Jika telur ingin ditempatkan di kulkas pasti rata – rata orang mencucinya terlebih dahulu. Hal ini memang sudah benar dilakukan tetapi mencuci telur juga memiliki sisi negative. Mencuci telur dapat menyebabkan kutikula atau pelindung telur tidak bisa menahan bakteri salmonella yang masuk kedalamnya.
Dapat Menyerap Bau di Kulkas.

Jika masih tetap ingin menyimpan telur di kulkas simpanlah dengan cara yang benar. Telur dapat menyerap bau dan rasa makanan lain yang ada didalam kulkas. Maka dari itu simpanlah di wadah kedap udara untuk mencegah menyerapnya baud an rasa dalam telur.

3.Suhu Ruangan Lebih Baik

Di rekomendasikan lebih baik untuk menyimpan telur disuhu ruangan. Jika disimpan dikulkas dikhawatirkan bakteri dari telur bisa menyebar ke makanan lainnya. Jangan khawatir jika telur akan membusuk disuhu ruangan hal itu mungkin akan terjadi namun prosesnya akan lama.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

PKFI Pastikan Pelayanan Klinik Sesuai Standar

Senin, 3 Oktober 2022 | 00:40 WIB
X