Yogurt Cegah Covid-19, Mampu Perbaiki Imun Tubuh

- Jumat, 12 Juni 2020 | 12:23 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka,com - Yogurt, produk fermentasi susu sapi ataupun susu kecambah kacang merah dinilai mampu mencegah Covid-19, karena terbukti mampu memperbaiki status imun.

Dosen Program Studi Ilmu Gizi, Fikes Unsoed Purwokerto, Dr. Ir. Hery Winarsi, MS mengatakan, terdapat laporan bahwa keseimbangan mikroekologi usus telah rusak pada pasien Covid-19 yang tercermin adanya penurunan probiotik usus, seperti Laktobasilus dan bifidobakterium.

Ketidakseimbangan mikrobiota usus dapat menyebabkan translokasi bakteri dan infeksi sekunder. Virus dapat terdeteksi di feses, bahkan ada 23% pasien dilaporkan virusnya tetap terdeteksi dalam feses, meskipun pada sampel saluran napas sudah tidak terdeteksi.

Kedua fakta ini menguatkan dugaan kemungkinan transmisi secara fekal-oral.  Karena itu penting untuk mempertahankan keseimbangan mikrobiota usus dengan nutrisi dan produk probiotik, seperti yogurt.

"Yogurt sering disebut minuman probiotik, karena mengandung bakteri yang menguntungkan bagi tubuh," ujarnya.

Dikatakannya, berdasarkan buku Waspodo, 2002; Triana & Nurhidayat, 2007, bakteri probiotik yang sudah melalui uji klinis diantaranya adalah Lactobacillius casei subsp. casei Shirota strain yang terdapat dalam yakult, Bifidobacterium dan Lactobacillus acidophilus.

Dalam yogurt mengandung L. bulgaricus dan Streptococcus thermophillus, dan biasanya ditambah L. acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.

"Yogurt yang sudah ditambah bakteri probiotik dapat dikatakan sebagai yogurt probiotik," ujarnya.  

Dia juga mengatakan dalam bukunya Widodo dan Soeparno. 2002, kualitas yogurt probiotik yang baik yaitu bila selama masa simpan masih mengandung bakteri probiotik yang hidup, sehingga bila dikonsumsi bakteri tersebut dapat hidup pada usus besar.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X