Ini Beberapa Jenis Penyakit Kulit yang Berkaitan dengan Stres

Red
- Senin, 1 Juni 2020 | 15:59 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

SAAT  pandemi sekarang ini memungkinkan manusia sebagai individu lebih rentan untuk terpapar stres. Stres yang menurut KBBI adalah kondisi yang berupa gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar atau ketegangan.

Hal ini yang seringkali menjadi pemicu beberapa gangguan kesehatan yang timbul. Ada ungkapan kesehatan kulit dapat menjadi gambaran kesehatan seseorang, dan karena kulit adalah organ terbesar yang ada di tubuh manusia.

Sepertinya hal ini benar adanya misalnya saja dengan keadaan pandemi seperti saat ini seseorang lebih rentan muncul beberapa penyakit kulit yang berhubungan dengan gangguan psikofisiologik yaitu kelainan kulit timbul atau kambuh oleh karena stres fisiologik, dan individu tersebut menyadari dengan jelas kejadian ini sebagai contoh misalnya berupa akne vulgaris, dermatitis atopik atopik dan psoriasis.

Seperti telah diketahui bahwa ada hubungan antara kulit dan otak, keduanya berasal dari perkembangan lapisan embrionik yang sama saat dalam kandungan yaitu yaitu ektoderm. Dari etoderm akan terbentuk sistem saraf pusat dan perifer, hipofisis, kulit dan adneksanya, kelenjar mamari, gigi, dan lain lain.

Jadi, bila terjadi gangguan psikologik dapat menimbulkan penyakit kulit, dan sebaliknya penyakit kulit dapat menimbulkan gangguan psikologik. Mari kita tinjau dari penyakit yang disebutkan di atas:

1. Akne Vulgaris atau Jerawat

Ini adalah salah satu gangguan kulit yang sangat  banyak orang pernah mengalaminya paling tidak satu kali dalam hidupnya. Secara kasat mata dilihat sebagai benjolan di kulit yang ukurannya bervariasi dan terdapat komedo di area wajah baik itu komedo tertutup yang berwarna putih ataupun terbuka yaitu komedo yang berwarna hitam. 

Saat stres, kebiasaan buruk dapat menjadi semakin buruk dan dapat menyebabkan jerawat. Kebiasaan buruk meliputi merokok, minum alkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak gula. Mengonsumsi banyak gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin, sehingga produksi minyak meningkat dan memperburuk kondisi jerawat.

2. Dermatitis Atopik atau eksim

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Mengenal Enam Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:12 WIB

Waspadai 7 Sayuran Ini, Bisa jadi Pemicu Asam Urat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:21 WIB

Ini Lima Fakta Seputar Mata Minus

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:36 WIB

Berikut Manfaat Buah Gayam untuk Kesehatan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:55 WIB

Ini Manfaat Getah Angsana untuk Kesehatan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:12 WIB

Ini Dia Manfaat Probiotik bagi Usus

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:49 WIB

Ini 5 Manfaat Acai Berry, Buah Khas dari Negara Brazil

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:35 WIB

Ini Lima Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Anak

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:01 WIB

Inilah Lima Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:45 WIB
X