Penanganan Pertama Menolong Hewan Keracunan

Red
- Jumat, 22 Mei 2020 | 17:19 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kasus hewan kesayangan keracunan makanan sering terjadi. Tetapi kadang pemilik hewan tidak tahu bagaimana melakukan penanganan pertama. Penyebab keracunan itu banyak, bisa karena salah makan, bisa karena zat kimia atau lainnya.

Drh Lely Anggriani Nababan, Kepala Operasional Animal Center Drh Nugroho Semarang, menjelaskan, kalau kucing atau anjing memakan yang tidak diperbolehkan atau memakan sesuatu yang ada campuran zat kimia seperti racun tikus, "Biasanya mereka akan tiba-tiba memberi respon muntah berlebihan, sempoyongan dan paling parah tak sadarkan diri atau bahkan meninggal. Maka kalau parah begitu segera langsung dibawa ke klinik," ujar Lely AN Jumat (22/5).

Penanganan pertama pada hewan anjing atau kucing yang mengalami keracunan adalah cuci mulut hewan dengan air bersih. Juga berikan air mineral bercampur garam agar memuntahkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Tindakan berikutnya, dengan memberi arang aktif untuk menyerap racun dalam tubuh.

"Berikan air kelapa untuk menetralkan racun dan menambah cairan tubuh yang hilang karena mungkin muntah yang berlebihan. Lalu berikan susu guna menetralkan racun dalam tubuh hewan. Kemudian baru dibawa ke dokter hewan," tutup Lely AN.

Editor: Maya

Tags

Terkini

X