Tidak Benar, Kucing Satu-satunya Hewan Penyebab Toxoplasma

Red
- Selasa, 19 Mei 2020 | 13:43 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Selama ini orang masih menganggap penyakit toxoplasma berasal dari hewan kucing saja. Padahal kontribusi hewan lain anjing untuk penyakit infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit protoza ini, juga cukup besar. Bahkan makanan sehari-hari yang terkontaminasi toxo juga memiliki andil untuk penyakit ini.

Toxoplasma adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Walaupun infeksi ini biasanya hanya menyebabkan gejala-gejala yang ringan pada orang-orang dengan sistem kekekebalan tubuh yang baik, namun hal ini dapat membahayakan para ibu yang hamil, terutama pada janin.

Selama ini persepsi yang berkembang di masyarakat bahwa kucing merupakan satu-satunya hewan yang menyebarkan penyakit toxoplasma itu tidak benar. Parasit toxoplasma juga dapat menjangkiti dan terbawa oleh manusia dan hewan lain seperti anjing, kambing, babi, burung dan kelinci.

"Karena memang kucing paling sering kena toxoplasma, maka kita sering menggeneralisasikan bahwa kucinglah satu-satunya penyebab utama," kata drh Lely Anggriani Selasa (19/5) di klinik Animal Center Drh Nugroho, Semarang.

Cara pencegahan yang paling sederhana, menurut dokter hewan lulusan Universitas Udayana Bali itu adalah, langsung dilakukan pembersihan lingkungan dan kotoran hewan. Jika memelihara kucing, maka rajinlah mengganti pasir.

"Untuk kita yang mau menikah atau program cek kesehatan, maka terlebih dahulu hewan peliharaannya cek toxoplasma ke dokter hewan. Jika terindikasi toxo maka akan berdampak pada manusia, terutama pada ibu hamil dengan janin yang terinfeksi sehingga tidak berkembang atau bahkan mengalami keguguran.

Editor: Maya

Tags

Terkini

X