Kenali Gejala Serangan Jantung Sejak Dini dan Pencegahannya

Red
- Senin, 24 Februari 2020 | 14:14 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

SAMPAI saat ini serangan jantung menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Serangan jantung dapat menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Dalam mengantisipasi serangan jantung  kita harus tahu gejalanya agar dapat waspada dan mencegahnya.

Menjaga kesehatan tubuh tentu sangatlah penting begitu pula dengan menjaga kelancaran peredaran darah dan penumpukan lemak agar dapat terhindar dari resiko serangan jantung yang  berbahaya.  Serangan jantung  terjadi ketika jantung kehilangan oksigen yang disebabkan sumbatan mendadak di pembuluh darah arteri yang memberikan suplai darah untuk jantung. Salah satu penyebab arteri tersumbat yaitu kebiasaan buruk yang sering dilakukan, dan membuat munculnya plak.

Keadaan plak yang tidak stabil inilah yang membuat permukaan plak robek sehingga tubuh berusaha menutupnya dengan gumpalan darah. Gumpalan darah inilah yang menyebabkan tersumbatnya arteri, akibatnya arteri tidak dapat mengalirkan darah dan oksigen ke jantung, kondisi inilah yang dinamakan serangan jantung.

Penderita gangguan jantung biasanya akan merasakan nyeri pada dada dan sesak napas. Jika berlangsung lama dan terlambat mendapatkan penanganan, jantung bisa berhenti total, dan inilah yang disebut serangan jantung koroner yang berisiko menimbulkan kematian mendadak.

Apa Saja Penyebab Serangan Jantung ?

Penyebab orang memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner adalah malas berolahraga, menu makanan tidak sehat seperti banyak lemak, kebiasaan merokok, diabetes, hipertensi/darah tinggi, obesitas. Kebiasaan makan makanan yang asin juga menjadi salah satu penyebab munculnya serangan jantung. Sebab, garam memiliki kandungan natrium klorida yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal.

Kebiasaan buruk lainnya yaitu kebiasaan malas gerak alias mager , hal ini memang dialami banyak orang, namun tanpa disadai hal ini juga menjadi penyebab serangan jantung. Tubuh yang secara terus-menerus tidak bergerak secara aktif seharian dapat menyebabkan penumpukan lemak yang akan meningkatkan risiko obesitas dan aterosklerosis (penumpukan lemak dalam pembuluh darah). Kedua kondisi ini dapat menjadi penyebab serangan jantung secara mendadak. 

Apa Saja Gejalanya?

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang gejala yang muncul pada serangan jantung, di antaranya :

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Tips Merawat Kulit dengan Bahan Alami

Senin, 27 September 2021 | 23:00 WIB

Cara Menstabilkan Nafsu Makan yang Menggila

Senin, 27 September 2021 | 22:25 WIB

Ini Dia Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Minggu, 26 September 2021 | 21:27 WIB

Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan Kulit

Minggu, 26 September 2021 | 18:28 WIB

Ini Manfaat Buah Lemon yang Perlu Diketahui

Sabtu, 25 September 2021 | 22:49 WIB

Ini Manfaat Konsumsi Buah Nanas

Sabtu, 25 September 2021 | 09:54 WIB

Dokter Tirta: Minum Kopi Beri Impact Positif bagi Tubuh

Kamis, 23 September 2021 | 23:47 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Paparan Sinar Gadget

Kamis, 23 September 2021 | 23:09 WIB

Ini Dia Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Kamis, 23 September 2021 | 22:53 WIB
X