• KANAL BERITA

Peduli Kesehatan Perempuan, PKS Gelar Baksos di Enam Titik

Foto: istimewa
Foto: istimewa

AMBARAWA, suaramerdeka.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Semarang mengadakan bakti sosial Peduli Kesehatan Perempuan (PKP) di enam lokasi, pekan lalu.

Baksos ini berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan bagi perempuan di Kabupaten Semarang. Enam tempat yang menjadi lokasi baksos yaitu Kecamatan Bergas, Koripan, Tengaran, Getasan, Tuntang dan Ambarawa.

Di beberapa lokasi baksos, selain PKP juga digelar pasar murah. Ada pula pengobatan alternatif bekam. Kegiatan ini merupakan kerja sama Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS dengan Tim PKP pasangan calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan perempuan ini berupa tes Ultra Sono Grafi (USG), tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). Tes dilakukan oleh tim profesional dokter dan bidan.

Berbagai tes tersebut untuk mendeteksi secara dini kanker rahim, serviks, maupun kanker payudara. Dalam kesempatan ini dilakukan pula penyuluhan tentang kesehatan perempuan tersebut.

"Baksos PKP kali ini dilakukan penyuluhan, tes kesehatan yang langsung dapat diketahui hasilnya. Semua kita fasilitasi secara gratis", ungkap Ahmad Rifai, ketua DPD PKS Kabupaten Semarang.

Istimewanya selain hasil dari pemeriksaan ini bisa langsung diketahui, juga dijelaskan secara detail oleh tim dokter kandungan. Sehingga pasien bisa langsung mengetahui kondisi kesehatan rahim dan payudaranya, terkait gejala penyakit kanker.

Rata-rata peserta di tiap titik mencapai 90 orang perempuan, baik tua maupun muda. Mereka dengan seksama mendengarkan penjelasan dokter tentang penyakit kanker. Mereka juga antri dengan tertib untuk periksa USG, IVA dan SADANIS.

Ketua BPKK PKS Tengaran, Umi Mahfudhoh berpesan, "Kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya para perempuan untuk menjaga kesehatan mereka di tengah-tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Selain itu juga untuk pencegahan secara dini penyakit kanker."


(Linda Putri/CN33/SM Network)