• KANAL BERITA

Indonesia Power dan IZI Screening Penyebaran TB di Bandarharjo

Pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan PT Indonesia Power bekerjasama dengan IZI Jawa Tengah di Masjid Muttaqin Bandarharjo, Kamis (15/3). (Suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan PT Indonesia Power bekerjasama dengan IZI Jawa Tengah di Masjid Muttaqin Bandarharjo, Kamis (15/3). (Suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com  - Tingginya penyebaran penyakit Tuberkulosis (TB) dan Diabetes Melitus (DM) Kelurahan Bandarharjo, Semarang membuat PT Indonesia Power bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah menggelar pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Masjid Muttaqin Jalan Cumi-cumi Raya Nomor 3 Bandarharjo, Kamis (15/3).

Retno Wulandari perwakilan dari PT Indonesia Power mengatakan program kerja sama dengan IZI Jawa Tengah ini sudah dilaksanakan sejak 2012 yang memang ditujukan untuk pelayanan kesehatan.

"Program ini tidak hanya di Bandarharjo saja, tapi juga ke wilayah sekitar perusahaan yang diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam hal kesehatan," katanya.

Program ini, lanjutnya akan dilakukan berkelanjutan tidak hanya soal kesehatan, tapi juga pemberdayaan masyarakat.

Djoko Adhi Kepala Perwakilan IZI Jawa Tengah menambahkan program kali ini diperluas jangkauannya. Jika tahun-tahun lalu meliputi Kemijen dan Tanjung Emas, kali ini ditambah Bandarharjo.

"Apalagi Bandarharjo banyak penderita TB dan DM sehingga ditindaklanjuti dengan cek laboratorium sederhana setiap bulan sampai 6 bulan. Dan ini sebagai bentuk  support screening  cek dini jangan sampai gulanya tinggi tanpa terdeteksi," ucapnya.

Lurah Bandarharjo Yowono Triatmoko menjelaskan memang di wilayahnya sangat memprihatinkan soal kesehatan. Tercatat ada 252 penderita Diabetes Militus dan sepuluh diantaranya sudah tergantungan menggunakan insulin.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini menurutnya sangat membantu masyarakat. Di sisi lain Kelurahan Bandarharjo juga sudah mempunyai Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) yang menangani berbagai penyakit.

"Dengan luasan wilayah yang besar dalam mengentaskan kemiskinan dan kesehatan memang sulit tapi dengan adanya bantuan CSR ini sangat membantu," jelasnya.


(Cun Cahya/CN33/SM Network)

  • Tags