• KANAL BERITA

Konsumsi Buah dan Sayur Cegah Penyakit Kronis

Foto: istimewa
Foto: istimewa

DIET sehat dengan memperbanyak asupan sayur, buah dan biji-bijian terbukti efektif mencegah sejumlah penyakit kronis.

Dalam studinya, sekelompok ilmuwan dari University of Adelaide meneliti pola diet sehat dan kaitannya dengan pencegahan beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Peneliti menyebutkan, rutin mengkonsumsi buah efektif mencegah datangnya penyakit kronis pertama. Sementara rajin makan sayur-mayur memperpanjang jeda waktu munculnya penyakit kronis kedua pada penderita penyakit kronis.

"Penemuan itu sejalan dengan panduan makanan sehat yang direkomendasikan, yakni buah, sayuran dan sereal gandum," kata para peneliti.

Dr Zumin Shi mengatakan, dia dan rekan-rekannya mempelajari pola makan dan 11 macam penyakit kronis pada 1.000 orang Tiongkok. "Kami melihat transisi dari satu penyakit ke beberapa penyakit berkaitan dengan asupan makanan mereka," katanya.

Penelitian ini juga menelaah manfaat gizi dari ketiga jenis asupan tersebut serta faktor risiko lain, seperti merokok atau kurangnya latihan fisik, yang berkontribusi terhadap risiko penyakit kronis.

Studi, yang hasilnya telah dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition ini, menemukan partisipan yang mengonsumsi biji-bijian juga berisiko rendah terkena penyakit kronis.

Dr Shi mengatakan biji-bijian selain beras dan gandum seperti oat, jagung, sorgum, dan gandum hitam mengandung lebih banyak serat makanan, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker kolon dan rektum (kolorektal). "Asupan beras secara signifikan dikurangi pada kelompok yang sehat," katanya.

Dr Shi mengatakan, penting untuk memperhatikan pola diet karena setiap orang berpotensi mengembangkan lebih dari satu penyakit.

Pada peserta studi tersebut, misalnya, peneliti menemukan sejumlah peserta yang mengembangkan penyakit anemia dan diabetes. "Untuk mencegah anemia (orang) membutuhkan zat besi, namun zat besi yang tinggi tidak baik bagi penderita diabetes," kata Dr Shi.


(Linda Putri/CN33/SM Network)

  • Tags
Berita Terkait
Komentar