• KANAL BERITA

Kenali Apa Itu Virus Korona dan Pencegahannya

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BELAKANGAN masyarakat dihebohkan dengan adanya wabah penyakit baru, virus korona atau coronavirus menjadi masalah kesehatan sejak awal tahun 2020. Virus ini pertama kali menyebar di wilayah Wuhan, China pada Minggu (5/1), berawal dari 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.

Pihak berwenang China  mengatakan bahwa banyak pasien dengan penyakit itu awalnya melakukan kontak makanan laut yang dijual di pasar. Saat ini korban  virus korona terus bertambah dan ratusan lainnya dalam kondisi yang parah hingga menyebabkan sembilan orang meninggal dan 440 korban terinfeksi di China.

Hampir sama dengan SARS, virus korona atau virus pneumonia Wuhan ini diprediksi menyebar melalui pernapasan (udara). Virus corona awalnya merupakan virus yang menginfeksi hewan, namun lambat laun virus ini berevolusi menyerang manusia.

Gejala dari virus yang diberi label "2019-nCoV" ini harus kita waspadai, yaitu demam, batuk kering maupun berdahak, dan sesak nafas. Walaupun tidak secara signifikan ketika seseorang merasakan hal itu pasti terinfeksi virus corona, namun ada baiknya wajib memeriksakan diri.

WHO mengidentifikasikan bahwa suatu penyakit dalam keadaan darurat (Public Health Emargency of International Concern) jika virus atau penyakit tersebut masuk dalam kategori "peristiwa luar biasa" yang "serius, tidak biasa atau tidak terduga.

Pencegahan

Dikarenakan virus corona yang semakin menyebar maka pihak WHO mengelar rapat Jenewa pada hari Rabu (22/1) untuk menentukan apakah akan menyatakan wabah virus tersebut dalam status "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Selain itu pihak WHO juga mengatakan bahwa dunia harus siap menghadapi adanya kemungkinan wabah virus corona baru yang ditemukan di China.

Virus corona hingga sekarang ini tidak hanya menjadi wabah di China saja, namun telah menyebar ke Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan. Melihat perkembangan korban yang semakin terus bertambah dan penyebaran virus yang semakin meluas, membuat banyak orang sekakin khawatir. Walaupun di Indonesia belum ada laporan mengenai kasus virus ini, namun kepanikan dan kekhawatiran tetap menghantui Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah virus korona dengan membiasakan diri untuk menjaga pola hidup sehat seperti, mengonsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur, mengimbangi diri dengan vitamin sebagai upaya kekebalan tubuh.

Perilaku sehat juga perlu seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih, pastikan jari dan kuku bersih dari kuman, hindari menyentuh mata, mulut, hidung menggunakan tangan yang kotor, menghindari kontak fisik dengan orang sakit, salah satu upaya bisa dilakukan dengan menggunakan masker untuk melindungi diri dari virus tersebut, selain itu jangan lupa untuk lakukan pula aktivitas fisik minimal selama 30 menit per hari dan yang takkalah penting untuk beristirahat cukup.


(Red/CN26/SM Network)