• KANAL BERITA

Antisipasi Penyakit Hewan Musim Hujan, Vaksin Harus Diutamakan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Seperti halnya manusia, hewan peliharaan juga rentan penyakit saat tiba musim penghujan seperti sekarang ini. Hewan yang sama sekali belum pernah divaksin sebaiknya segera divaksin, karena di musim hujan daya tubuh hewan akan menurun sekaligus untuk mengantisipasi infeksi virus.

"Selain vaksin, obat-obatan seperti vitamin perlu diberikan juga untuk daya tahan tubuh hewan. Tapi juga perhatian minumnya, terkadang karena suhu dingin hewan menjadi kurang minum dan bisa dehidrasi," kata drh Heru Wahyono, supervisor Animal Center "Drh. Nugroho" Semarang dalam perbincangan bagaimana merawat hewan di musim hujan, Kamis (19/12) di kantornya Jalan Imam Bonjol Semarang.

Menurut dokter lulusan Universitas Gadjah Mada Jogja ini, kesehatan hewan di musim hujan juga dipengaruhi sanitasi kandang, sehingga tiap hari harus dibersihkan. Untuk kandang kucing harus diganti pasir, untuk anjing selalu memberi karbol.

Ada beberapa tips sederhana dalam merawat hewan saat musim hujan, yaitu pemilik agar membatasi waktu hewan peliharaan di luar ruangan, menjaga agar hewan tetap terhidrasi. Biarkan hewan piaraan tetap aktif, memisahkan hewan piaraann yang sakit dan sehat, dan pemberian vaksin dan vitamin.


(Red/CN26/SM Network)