• KANAL BERITA

Gandeng Korsel, BF Siapkan Produk Terapi Kanker

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Bio Farma bakal merambah ke bisnis produk farmasi yang sifatnya imunoterapi, terutama untuk kanker. Untuk mewujudkannya, mereka berkerjasama dengan dua perusahaan Korsel, ForeverNK Inc.dan Aribio Co. Ltd.

Awal kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Bio Farma dengan dua perusahaan yang bermarkas di Seongnam itu. Materinya berupa penjajakan dan pengembangan potensi kesempatan bisnis yang melibatkan produk yang sifatnya terapi atau terapeutik untuk pengobatan kanker.  "Kerja sama itu merupakan awal dari dimulainya produk-produk untuk immunoterapi," kata Dirut Honesti Basyir dalam keterangannya, Selasa (17/12).

Sebagai langkah awal, jelasnya, holding farmasi BUMN itu segera mengembangkan dan mengevaluasi kesempatan potensi pasar, serta menetapkan syarat dan ketentuan. Produk tersebut menggunakan teknologi “NK Cell Therapy” dari ForeverNK sedangkan “NK Cell Conditioned Media” didapat dari Aribio.

NK (natural killer) Cell atau sel-sel pembunuh alami adalah sel limfoid bawaan yang memberikan perlindungan dini terhadap perkembangan kanker dengan cara membunuh sel-sel abnormal dalam tubuh yang menjalani transformasi seluler tanpa perlu stimulasi sebelumnya.  Adapun NK Cell Conditioned Media merupakan media atau ‘tempat’ tumbuhnya NK Cell yang akan dibuat dalam suatu kultur jaringan yang dibuat oleh Aribio.

Honesti menjelaskan bahwa immunoterapi merupakan jenis pengobatan yang mendorong sistem imun dalam tubuh supaya lebih efektif dalam melawan penyakit, termasuk kanker.

"Bio Farma akan berperan untuk memeriksa dan mengevaluasi teknologi dan produk untuk mengaplikasikannya di Indonesia bekerjasama dengan rumah sakit, mengajukan untuk lisensi, untuk kemudian dipasarkan di Indonesia melalui pelayanan klinik," jelasnya.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)