• KANAL BERITA

Khitan Tidak Lagi Menyeramkan

Di Klinik PHC Bisa Khitan Tanpa Disuntik

ANTRE: Anak-anak antre menanti giliran untuk dikhitan di Klinik PHC Pedurungan. (suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami)
ANTRE: Anak-anak antre menanti giliran untuk dikhitan di Klinik PHC Pedurungan. (suaramerdeka.com / M Khabib Zamzami)

PEDURUNGAN, suaramerdeka.com - Pelindo Husada Citra (PHC) Group melalui Klinik PHC Pedurungan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi bagi masyarakat di Kota Semarang. Seiring dengan majunya teknologi medis, khitan yang dulunya sering dianggap menakutkan, kini perlahan stigma itu akan mulai hilang.

Ya, kini khitan bisa tanpa jarum suntik. Sebelumnya, pasien yang akan dikhitan sunat diberikan dua hingga tiga suntikan untuk anestesi (obat bius), di Klinik PHC Pedurungan. Kini, Jarum suntik untuk anestesi diganti dengan needle-fee injection atau dengan sistem injeksi.

Alat ini nantinya mengantarkan cairan obat anestesi menggunakan mekanisme semprot yang dibantu dengan tenaga pegas berkecepatan tinggi. Dengan kecepatan tinggi inilah dihasilkan pancaran cairan yang membuat obat berpenetrasi ke dalam kulit melalui pori-pori.

"Dengan metode ini, pembuluh darahnya nanti lebih aman. Jadi mencegah bengkak juga " ujar Direktur Utama PHC Group, dr Agus Akhmadi, saat ditemui disela-sela acara Grand Opening Rumah Sunat di Klinik PHC Pedurungan.

Menurut dr Agus, tujuan sunat dengan metode ini memang untuk mengurangi trauma rasa sakit. Dengan demikian, sensasi yang dirasakan pun lebih tidak sakit daripada menggunakan jarum suntik. "Dengan metode ini, nanti seperti disemprot air tapi relatif tidak sesakit seperti disuntik. Sehingga, proses khitan jadi lebih mudah, cepat dan rapi," imbuhnya.

Dapatkan perlengkapan ibu dan anak dengan harga terbaik

Salah satu peserta khitan gratis di Klinik PHC Pedurungan, Ananda Mikola (12), mengaku tidak merasakan sakit saat dikhitan. Bahkan, setelah dikhitan dia bisa berjalan seperti biasa.  "Iya, tadi tidak disuntik. Rasanya juga tidak sakit. Setelah khitan bisa langsung dibuat jalan-jalan," tuturnya sembari tersenyum.

Terpisah, Humas PT PHC, Prita Pinastiningtyas mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT PHC. Sehingga perusahaan bisa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. "Kali ini kami memilih bakti sosial dalam bentuk khitan tanpa jarum suntik gratis. Sekaligus memperkenalkan layanan khitan dengan metode terbaru yang nantinya akan tersedia di klinik tersebut," ungkap Prita.

Dapatkan peralatan kesehatan dan kecantikan dengan harga terbaik

Dijelaskannya, selain menyelenggarakan khitan gratis mereka juga rutin membantu operasi bibir sumbing untuk anak-anak. Semua biaya operasi dan perawatan ditanggung perusahaan sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya.


(Mohammad Khabib Zamzami/CN26/SM Network)