• KANAL BERITA

OST-D Solusi bagi Anak Penderita Defisiensi Vitamin D 

Foto Istimewa
Foto Istimewa

DENPASAR, suaramerdeka.com - Defisiensi vitamin D pada anak dapat menyebabkan metabolism kalsium pada tubuh terganggu sehingga dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan tulang. Vitamin D yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi anak umumnya dapat diproses dalam tubuh melalui paparan sinar matahari.

"Perubahan gaya hidup saat ini menuntut orang tua untuk jarang memberi kesempatan anak terkena paparan sinar matahari langsung misal dikarenakan harus menuju kantor pagi buta dan kembali ke rumah saat petang tiba serta memproteksi anak untuk terhindar dari paparan sinar matahari dapat menurunkan kesempatan anak terpapar sinar matahari," ujar praktisi bidang kesehatan anak, Prof. dr. Madarina Julia, Sp. A (K).

Pada kasus tertentu defisiensi vitamin D, lanjut Madarina, dapat menyebabkan terganggunya sistem metabolik, imunitas, penyakit genetic, masalah hati dan ginjal. Pada beberapa penyakit tersebut, vitamin D tidak dapat larut dalam lemak sebagaimana mestinya sehingga dengan produk OST-D yang larut air ini dapat membantu memberikan solusi bagi anak-anak yang menderita penyakit akibat defisiensi vitamin D tersebut.

OST-D adalah salah satu inovasi produk riset unggulan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan; dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada yang dihilirkan melalui PT Swayasa Prakarsa dalam lingkup kerjasama dengan LAFIAL Drs. Mochamad Kamal. 

OST-D didukung penuh oleh LAFIAL Drs. Mochamad Kamal sehingga pada tahun ini dapat memperoleh NIE dari BPOM yakni POM SD 191695921 dan siap untuk didistribusikan.
Produk OST-D pada 26 Agustus 2019 diperkenalkan melalui Seminar RITECH EXPO 2019 dengan judul “Pendekatan Baru Penanggulangan Kekurangan Vitamin D Ramah Anak” yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di Lapangan Puputan Margarana Renon, Denpasar Bali.


(Prajtna Lydiasari/CN19/SM Network)