• KANAL BERITA

Minimalisasi Malapraktik, Persyaratan Pendirian Biro Psikologi Disosialisasikan

FOTO BERSAMA: Para anggota Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jateng berfoto bersama usai acara sosialisasi dan Rapat Anggota Tahunan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Unika Soegijapranata, belum lama ini. (suaramerdeka.com / dok)
FOTO BERSAMA: Para anggota Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jateng berfoto bersama usai acara sosialisasi dan Rapat Anggota Tahunan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Unika Soegijapranata, belum lama ini. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Beberapa kali Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jateng mendaatkan laporan masyarakat mengenai mal praktik layanan psikologi. Diduga dilakukan sarjana psikologi/psikolog yang tidak memiliki izin praktik, nonpsikolog maupun profesi lain.

Untuk meminimalisir kegiatan malapraktik itu, Himpsi Jateng pun melakukan sosialisasi persyaratan pendirian biro psikologi. Sosialisasi ini digelar pada Rapar Anggota Tahunan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Unika Soegijapranata, belum lama ini.

''Tujuan diadakan kegiatan ini agar terwujudnya tertib administrasi dan standar pendirian biro/lembaga/praktik mandiri psikologi. Kemudian sebagai acuan pelayanan jasa psikologi, serta upaya meminimalisasi mal praktik dalam pemberian jasa psikologi di Jateng,'' ujar Ketua Himsi Jateng, Ouys Alkharani.

Selain Ouys, hadir sebagai narasumber pada acara itu, Ketua Kompartemen 2 Himpsi Jawa Tengah Kristiana Haryanti. Acara ini dihadiri lebih dari 150 orang peserta dari berbagai perwakilan institusi pendidikan (Fakultas Psikologi), Instansi Pemerintah dan Anggota.  

Salah satu bentuk nyata yang dilakukan, yakni memberikan register praktik psikolog yang ada di Jateng. Biro/praktik psikolog mandiri yang teregister akan dicantumkan di www.himpsijateng.or.id. Tujuannya agar masyarakat yang ingin menggunakan jasa psikologi di Jateng bisa mengakses psikolog yang beregister Himpsi. Harapannya, kalau ada keluhan, Himpsi mudah melakukan verifikasi dan tindakan.

"Ke depan Himpsi Jateng akan meluncurkan program Hallo Himpsi dengan membuat layanan komunikasi cepat dengan anggota dan masyarakat luas terkait layanan Psikologi dengan nomor WA publik,'' tambah Ouys.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang dengan Himpsi Jawa Tengah Acara ini juga sebagai pelaksanaan program kerja Kompartemen 2 (dua) Himpsi Jateng, sekaligus rangkaian Ultah Himpsi ke-60.

Masih dalam rangkaian (Himpsi) ke 60, Himpsi Wilayah Jateng menghelat acara Jalan Sehat, ''Gayeng Bareng HIMPSI Jateng''. Acara serentak dilakukan di Jateng, Minggu (28/7) lalu.  Jalan sehat di Cabang Semarang digelar di Area Car Free Day (CFD) Are Simpanglima-Pahlawan Semarang. Cabang Kudus di Area CFD Alun-alun Simpang 7 Kudus. Cabang Solo Di Kompleks RDJD dr Arif Zainudin dan Cabang Barlimascakep di GOR Satria Purwokerto Jl Prof Dr.Suharso Purwokerto.


(Hendra Setiawan/CN26/SM Network)