• KANAL BERITA

Widyawati Sempat Takut Sebelum Jalani Operasi Katarak

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penyakit katarak yang diderita artis senior Widyawati selama 15 tahun sudah termasuk parah, terutama di mata kanan. Gara-gara penyakit tersebut, membuat aktivitasnya terganggu. Istri mendiang Sophan Sophiaan itu mengaku pernah berobat ke dokter tapi masih merasa buram.

"Memang makin lama semakin mengganggu. Akhirnya saya konsultasi dengan Dokter Ricky E. Rooroh, spesialis mata di Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare. Jawabannya harus segera dioperasi. Kalau terlalu lama bisa menyebabkan kebutaan," ujar Widyawati di KMN EyeCare Kemayoran, Jakarta.

Widyawati mengaku sempat mengalami ketakutan sebelum menjalani operasi katarak. Namun setelah berunding dengan anak-anak akhirnya memutuskan operasi. "Awalnya, saya kira operasinya lama ternyata cepat hanya tujuh hingga 15 menit. Saya sampai kaget kok cepat banget dan tidak ada sayatan panjang yang harus dijahit sampai tujuh cm. Semuanya sangat cepat dan simpel," ungkapnya.

Dokter Ricky menjelaskan bahwa katarak adalah proses terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan fungsi penglihatan dan biasanya terjadi pada orang-orang berusia di atas 40 tahun atau paruh baya. "Katarak yang terjadi seiring bertambahnya usia tersebut, merupakan bagian dari proses penuaan. Sama halnya seperti rambut yang menjadi putih seiring lanjutnya usai," kata Dokter Ricky.

Yang sering jadi masalah adalah ketika lensa yang sudah mengeruh tersebut dibiarkan begitu saja. Jika terjadi terlalu lama, katarak dapat semakin mengeras dan bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. "Bila seseorang menderita katarak, tindakan satu-satunya untuk menanggulanginya adalah operasi. Itu saja satu-satunya solusi. Obat atau vitamin apapun tidak akan membantu," tambahnya.

 


(Prajtna Lydiasari/CN26/SM Network)