• KANAL BERITA

Libur Lebaran, RSU Islam Harapan Anda Tegal Siagakan Dokter Spesialis

Dibuka Poliklinik Siaga

Gedung RSUI Harapan Anda Tegal. (suaramerdeka.com / Tresno Setiadi)
Gedung RSUI Harapan Anda Tegal. (suaramerdeka.com / Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Setiap musim libur Lebaran, ternyata banyak pasien dari beberapa kasus dan penyakit kerap memadati ruang pelayanan kesehatan rumah sakit, seperti di Kota Tegal. Untuk mengantisipasi hal itu, Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Harapan Anda Tegal setiap tahunnya membuka Poliklinik Siaga lengkap dengan dokter spesialis.

Direktur RSUI Harapan Anda Tegal dr Hj Shahabiyah MMR mengungkapkan, jika kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan selama libur Lebaran selalu tinggi. Pada tahun 2018 lalu, pihak RS mencatat kunjungan pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri memiliki kasus terbanyak berupa kecelakaan, dyspepsia, diare dan hipertensi. “Biasanya setelah Lebaran jenis makanan yang dikonsumsi tidak terjaga," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya  tetap memberikan pelayanan kesehatan saat libur Idul Fitri 1440 H. Termasuk mensiapsiagakan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Untuk tetap memberikan pelayanan prima sejumlah dokter spesialis siap untuk mengantisipasi jika ada kejadian atau penanganan yang perlu dikonsulkan ke dokter spesialis.

Tak hanya itu,  tenaga tambahan di IGD untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah  kunjungan pasien dan mengatisipasi kemungkinan terjadinya korban massal,  terutama H-7 hingga H+7. “Sehubungan dengan ini kami juga telah menyiapkan tambahan untuk berbagai alkes, obat-obatan dan lainnya. Untuk pasien rawat inap  juga tetap divisite oleh dokter spesialis,” ujarnya.

Humas RSU Islam Harapan Anda Tegal, Said Basalamah SH,  menambahkan, untuk melayani pasien rawat jalan pihaknya membuka pelayanan Poliklinik Siaga. "Klinik yang tersedia di poli siaga adalah klinik umum,  penyakit dalam, kesehatan anak, bedah umum dan obstetri dan ginekologi," ungkapnya.

Adapun pelayanan lain yang juga tetap beroperasi adalah Instalasi Bedah Central untuk pasien yang memerlukan operasi dan untuk operasi CITO di IGD ada Emergency Operating Room. “Selain itu untuk pelayanan rawat intensif, pelayanan hemodialisa, serta pelayanan penunjang lainnya seperti pelayanan radiologi, laboratorium, bank darah, farmasi, laundry dan CSSD juga tetap berjalan sebagaimana mestinya," tandasnya.


(Tresno Setiadi/CN26/SM Network)