• KANAL BERITA

Bio Farma Siapkan Vaksin Polio Generasi Terbaru

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Bio Farma (Persero) mendapat kepercayaan untuk ikut ambil bagian dalam penelitian dan produksi vaksin-vaksin termuktahir termasuk vaksin polio generasi terbaru yakni (nOPV). Langkah ini sekaligus antisipasi meski pun penyakit polio akan eradikasi (musnah) pada tahun 2020.

Menurut Dirut Bio Farma, M Rahman Roestan, untuk vaksin polio tergres, langkah tersebut tak terlepas dari kerjasama dengan Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dan PATH. "Jadi untuk penelitian vaksin polio generasi terbaru ini, termasuk pengembangan teknologi vaksin, uji klinis tahap 1 – 3, hingga proses produksi," jelasnya dalam keterangan yang diterima Jumat (26/4).

Dijelaskan, BMG Foundation selama ini dikenal mempunyai kepedulian akan kesehatan global. Langkah pencegahan penyakit menjadi atensi karena dianggap efektif  di antaranya melalui vaksin. Dalam kaitan itu, Bio Farma dianggap mempunyai kapasitas.

Komitmen itu ditunjukan dalam Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018, BMG Foundation menyampaikan akan membantu riset di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bio Farma untuk pengembangan vaksin. Diharapkan bantuan itu menjadikan Indonesia mempunyai kapasitas sehingga bisa ikut menjadi pemain dunia di bidang produksi vaksin.

“Kami dianggap memiliki kapabilitas untuk bergabung dan ini sudah berjalan prosesnya, dengan bantuan yang diberikan sudah berjalan sekitar lima tahun," katanya.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bio Farma, Adriansjah Azhari menambahkan, riset vaksin baru untuk nOPV akan diawali dengan pembahasan transfer teknologi yang diterima BUMN Farmasi yang berbasis di Bandung itu.

"Kami berharap penelitian-peneltian vaksin baru ini, akan menambah portofolio Bio Farma, dan tidak hanya sampai di situ saja. Semua hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi produk, sehingga bisa diterima pasar dalam waktu yang tepat, time to market," katanya.

Mereka pun optimis kepercayaan itu bakal menambah pasar bagi produk Bio Farma. Untuk tahun 2019, mereka akan menambah pangsa pasar terutama untuk pasar Asia Tenggara, Afrika, dan stock pile untuk Eropa.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)