• KANAL BERITA

Tua Bukan Masalah Usia

Foto: suaramerdeka.com/ Puthut Ami Luhur
Foto: suaramerdeka.com/ Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com - Memeringati ulang tahun Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) menggelar seminar tentang kesehatan lansia agar dapat membantu para lansia menuju hidup yang lebih berkualitas, sehat dan bahagia.

Direktur Utama RSND Prof Dr dr Susilo Wibowo MS Med Sp And menyatakan, menjadi tua tidak hanya karena masalah usia. Tapi yang paling penting adalah bagaimana fungsi organ tubuh, apakah cepat menjadi tua atau tidak.

Ia juga menjelaskan, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan penuaan, antara lain adalah bahan - bahan kimia yang ada di sekitar, misalnya pestisida, bahan pembuat plastik.

"Bahan kimia tersebut akan mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan yang berakibat pada percepatan proses penuaan organ-organ tubuh,” kata Prof Susilo yang juga menjadi pembicara seminar yang digelar di Gedung Aula lantai 3 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Sabtu (9/2) lalu.

Pembicara kedua dr Yosef Purwoko M Kes Sp PD(K) menyatakan, bahwa menjadi lansia tetap dapat produktif, sehat jasmani dan rohani sehingga dapat hidup bahagia. Ia juga membagikan kiat-kiat menjadi 'BAHAGIA' kepada 200 peserta seminar. "Asupan makanan juga perlu diperhatikan," tambah dokter penyakit dalam konsultan geriatri itu.

Sedangkan pembicara ketiga dr Annta Kern Nugrohowati MSi Sp GK, menjelaskan tentang faktor-faktor yang bisa menunda penuaan, antara lain menghindari oksidan yang dihasilkan dari reaksi karbohidrat dengan protein atau lemak pada makanan sebagai akibat proses pemasakan dengan suhu tinggi.

Temukan promo menarik suplemen dan produk kesehatan tubuh di sini

"Berikutnya, diet dengan gizi seimbang dimana porsi sayur dan buah lebih banyak konsumsi sumber protein yang cukup serta cukup minum akan memenuhi kebutuhan gizi akan antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat berperan pada proses penuaan," tuturnya.

Acara seminar ini dimeriahkan dengan berbagai stand yaitu stand Laboratorium RSND untuk cek asam urat, gula dan kolesterol, pojok cantik oleh Klinik Kulit Kelamin RSND, pojok diet oleh tim Gizi RSND, BTN, stand make up dari Wardah dan stand yoghurt dari FPP Undip.


(Puthut Ami Luhur/CN33/SM Network)

Berita Terkait
Loading...
Komentar