• KANAL BERITA

Keberhasilan Bayi Tabung Capai 50 Persen

Foto: ilanelanzen
Foto: ilanelanzen

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kendala atau kesulitan dalam memiliki keturunan cukup banyak dihadapi oleh pasangan usia subur. Dokter ahli bayi tabung, Ivan Sini mengungkapkan, dilihat dari proporsinya, ada sekitar 10-15 persen pasangan yang bermasalah dengan kesuburan.

Di negara maju seperti Amerika, angka itu bahkan lebih tinggi yakni 1 dari 6 pasangan mengeluhkan sulit mempunyai anak.

"Penyebabnya di negara maju, inisatif pasangan untuk punya keturunan biasanya baru muncul di atas usia 36-37 tahun, utamanya bagi wanita. Di negara kita, insiatifnya lebih awal tapi terlambat bertemu dengan dokter," papar Ivan yang juga menjabat Direktur Utama Morula IVF Indonesia.

Dia memandang, hal yang menjadi persoalan utama terkait infertilitas adalah menyangkut edukasi. Masyarakat perlu untuk diedukasi tentang pentingnya pengobatan dini untuk mengatasi masalah ketidaksuburan.

Tidak hanya terhadap masyarakat awam, edukasi juga perlu diberikan kepada dokter obsestri dan ginekologi sehingga mampu memberikan penjelasan kepada pasien.

"Sejak awal harus diberikan solusi atau reomendasi pengobatan. Semisal bagi perempuan yang saluran telurnya dua-duanya mampet atau sperma pria nihil, bisa dilakukan tindakan bayi tabung," ujarnya.

Sehat aset paling berharga. Belanja produk kesehatan tubuh di sini aja

Ivan menjelaskan, pengobatan infertilitas dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi yang dikategorikan berdasar indikasi. Upaya yang lebih simpel dan harga relatif terjangkau adalah inseminasi.

Namun menurut dia, tingkat keberhasilannya tidak terlalu besar. Jika sudah dicoba beberapa kali namun berhasil, metode bayi tabung bisa diterapkan. Tahun lalu ada sekitar 4.200 siklus program bayi tabung yang dilayani di klinik Morula IVF.

Keberhasilan bayi tabung ini diklaim cukup menggembirakan. Pada pasien berusia 35 tahun ke bawah, tingkat keberhasilan bisa mencapai 50 persen lebih sedangkan umur 35-38 tahun rata-rata 40 persen. Untuk pasien umur 40 tahun ke atas, keberhasilannya dibawah 20 persen.


(Amelia Hapsari/CN33/SM Network)

Loading...
Komentar