• KANAL BERITA

Jahe Hitam Ampuh Tingkatkan Stamina dan Vitalitas

Foto: suaramerdeka.com/ dok
Foto: suaramerdeka.com/ dok

Tanaman rempah yakni jahe hitam belum banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Padahal tanaman dengan rasa pedas itu memiliki khasiat untuk obat tradisional. Hal tersebut sesuai penelitian yang dilakukan oleh dosen di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Etty Soesilowati MSi, Eka Yuli Astuti SPd MA, dan Talitha Widiatningrum MSi PhD.


JAHE hitam (Kaempferia Parviflora) dikatakan sebagai tanaman asli daerah tropis Asia. Tanaman ini masih termasuk dalam suku temu-temuan atau tanaman berbunga (genus zingiberanceae).  

Prof Dr Etty Soesilowati menjelaskan, keberadaan jahe hitam ini belum banyak dikembangkan oleh para petani di Indonesia. Padahal manfaat dari jahe hitam ini cukup baik untuk kesehatan.

Ia telah meneliti khasiat dari jahe hitam sebagai obat tradisional. Antara lain untuk memberikan efek aprodisiak atau menambah stamina dan vitalitas, anti oksidan, anti inflamasi, anti obesitas, dan anti diabetes.

“Jahe hitam ini mempunyai fungsi aprodisiak, ekstrak jahe hitam sering digunakan layaknya viagra alami,” jelas dia..

Dia menerangkan, ekstrak jahe hitam menstimulus keluarnya enzim phosphodiesterase-5 (PDE5) pada penderita erictile dysfuction (ED). Kandungan delapan flavonoid dalam ekstra jahe hitam pun dapat membantu mempertahankan ereksi yang terjadi.

“Serta menghambat atau menghancurkan enzim PDE-5 yang merusak cGMP yakni dengan meningkatkan aliran darah ke organ vital untuk memperlama ereksi,” bebernya.

Ia pun mendorong pemanfaatan jahe hitam untuk mendongkrak perekonmian petani. Karena manfaat jahe hitam cukup banyak dalam dunia kesehatan maka akan menjadi peluan bisnis budidaya yang bagus.

Sementara itu, Eka Yuli Astuti menambahkan, produk ekstrak jahe hitam punya keunggulan lain. Di antaranya bila dihasilkan dari pertanian organik akan membuat kadar toksisitasnya rendah.

“Bila dibudidaya dengan baik, harga pun relatif murah dibandingkan dengan jahe sejenis yang diimpor. Kemudian dalam pengolahannya produk kami dari padat menjadi cair tanpa menggunakan alcohol,” jelasnya.

Lebih lanjut diterangkan, jahe hitam diproduksi dalam bentuk olahan serbuk. Obat alami atau Fitofarmake jahe hitam yang disajikan dalam bentuk ekstrak serbuk merupakan solusi siap konsumsi.

“Dalam produksinya, olahan serbuk jahe hitam diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan percolator. Kemudian diproses menjadi serbuk dengan alat kristalisator,” papar Eka.


(Diaz Abidin/CN33/SM Network)