• KANAL BERITA

Hypnobirthing Kurangi Kecemasan Saat Persalinan

Foto suaramerdeka.com/Modesta Fiska
Foto suaramerdeka.com/Modesta Fiska

SEMARANG, suaramerdeka.com - Saat melahirkan seringkali menjadi momen yang mendebarkan bagi calon ibu mulai dari tahap kontraksi, ketuban pecah hingga detik-detik keluarnya bayi dari rahim. Belum lagi dengan rasa sakit yang dirasakan menjelang dan saat melahirkan. Namun saat ini rasa sakit saat melahirkan ini bisa dikurangi atau diatasi dengan metode hypnobirthing.

Menurut praktisi hypnobirthing yang juga bidan Nanda Ira Novita, hypnobirthing adalah metode yang menggunakan self-hypnosis atau menghipnosis diri sendiri dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi akan ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan. Berdasarkan penelitian kesehatan, penggunaan hipnosis selama persalinan membantu wanita hamil mengatasi ketakutan. 

''Ketika takut, otot-otot menjadi tegang. Akibatnya, proses kontraksi dan melahirkan alami pun menjadi terganggu, hingga akan mengakibatkan rasa sakit berlebihan saat melahirkan,'' ujar Ira yang juga seorang Doula dan pengajar Prenatal Yoga di Bebibyur Jalan Prof Hamka Ngaliyan Square, hari ini

Menurut dia, rasa sakit saat melahirkan terjadi karena tubuh dibanjiri adrenalin yang akan mengurangi aliran darah ke rahim serta sistem pencernaan, dan lebih banyak mengalirkan darah menuju otot-otot besar di tungkai. Akibatnya, otot-otot rahim bekerja kurang baik karena kekurangan darah dan oksigen. Ini dapat membuat proses persalinan menjadi lebih susah dan lebih lama. Pasokan oksigen untuk bayi yang ada di dalam rahim juga bisa berkurang.

''Adrenalin juga membuat tubuh berhenti memproduksi hormon oksitosin yang memudahkan persalinan, dan mengurangi produksi hormon endorfin yang membantu pasien merasa baik dan lebih tahan terhadap sakit. Doula juga bisa membantu mendampingi pasien dalam menjalankan metode tersebut,'' terangnya.

Hypnobirthing ini bekerja didasarkan pada kekuatan sugesti. Prosesnya dapat menggunakan musik, video, pemikiran dan kata-kata positif guna memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Caranya bisa dengan memutar musik suara alam, video berkembangnya sebuah bunga, atau memikirkan kalimat-kalimat pernyataan seperti ''saya ingin melahirkan secara normal'', ''saya relaks, bayi saya juga relaks''.

Lebih lanjut dijelaskan, hipnosis dalam hypnobirthing dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung pada kebutuhan sang calon ibu. 
Sebelum melakukan hypnobirthing, calon ibu (dan ayah) dapat mengikuti kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia sekitar 29 minggu. Pada kursus tersebut akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, relaksasi dan self-hypnosis, dan teknik bernapas.


(Modesta Fiska/CN19/SM Network)