• KANAL BERITA

Jangan Malu Mengaku Pikun

Foto: labiotech
Foto: labiotech

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pembina Yayasan Alzheimer's Indonesia (Alzi) DIY KRAy Anglingkusumo mengajak para penderita Alzheimer agar tidak merasa malu dengan penyakitnya.

Penderita Alzheimer maupun kerabatnya justru harus menginformasikan tentang penyakit tersebut kepada orang lain. Dengan begitu dapat meringankan beban psikis dari penderita atau kerabat yang merawatnya.

"Penyakit Alzheimer ini memang banyak. Di seluruh dunia, setiap tiga detik ada satu kasus Alzheimer. Jadi tidak perlu malu bagi yang terlanjur mengalami kepikunan tapi bagi yang belum harus berusaha mencegahnya,” ujar Anglingkusumo disela acara jalan sehat dan senam massal memperingati Bulan Alzheimer Dunia, Minggu (23/9).

Lebih lanjut dia menuturkan, penyakit pikun dapat dihindari dengan penerapan pola hidup sehat. Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga khusus lansia, dan aktivitas yang dapat menstimulasi otak.

Kegiatan sehari-hari seperti berjalan kaki, naik turun tangga dan senam ringan juga dapat menurunkan risiko kepikunan.

"Dan perlu diketahui, kepikunan  tidak hanya terjadi pada orang tua. Usia muda juga bisa terkena Alzheimer, maka perlu dicegah dengan pola hidup sehat sedini mungkin,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini dibuka dengan senam poco-poco yang diikuti oleh 1.000 peserta. Usai senam, acara dilanjutkan dengan jalan sehat sejauh kurang lebih satu kilometer. Acara kemudian diakhiri dengan pembagian 100 doorprize yang telah disediakan oleh panitia.


(Amelia Hapsari/CN33/SM Network)