• KANAL BERITA

RS Telogorejo Percepat Layanan Melalui My SMC Card

Masyarakat mencoba melakukan pendaftaran My SMC Card di Semarang Medikal Center (SMC) Rumah Sakit (RS) Telogorejo. (suaramerdeka.com/ Muhammad Arif Prayoga)
Masyarakat mencoba melakukan pendaftaran My SMC Card di Semarang Medikal Center (SMC) Rumah Sakit (RS) Telogorejo. (suaramerdeka.com/ Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, Suaramerdeka.com - Semarang Medikal Center (SMC) Rumah Sakit (RS) Telogorejo terus meningkatkan standar pelayanan berbasis digitalisasi. Salah satu usaha tersebut dituangkan dalam My SMC Card.

Kartu berwarna biru tersebut memiliki manfaat memberikan layanan kesehatan terbaik dengan lebih mudah dan cepat. My SMC Card merupakan fasilitas pengganti uang tunai berbentuk kartu flazz.

Proses penggunaannya melalui teknologi RFID, sehingga transaksi dapat dilakukan dengan mesin Electronic Data Capture (EDC). Tujuannya mempercepat proses pembayaran dan meminimalkan proses antrian ke kasir. Kartu ini jalinan kerja sama antara RS Telogorejo dengan BCA.

"My SMC Card diharapkan dapat mengidentifikasi dengan benar riwayat kesehatan pasien pengguna kartu. Mereka juga dapat mendapatkan benefit tambahan lain seperti penghematan biaya pelayanan di SMC RS Telogorejo. Misalnya hemat 10 persen kamar rawat inap dan medical checkup, maupun biaya penunjang diagnostik laboratorium dan pemeriksaan radiologi," kata Direktur SMC RS Telogorejo, dr Alice Sutedjo Lisa, Senin (3/9).

Selain peningkatan pelayanan, dr Alice menyatakan, pengunaan My SMC Card dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Smart City.

Proses pembuatannya relatif mudah, masyarakat hanya diminta menunjukkan KTP asli dan fotokopi KTP. Bagi pasien yang telah memiliki kartu identitas lama, dapat digantikan dengan My SMC Card.

"Program ini diluncurkan dalam rangka HUT yang ke-67 RS Telogorejo. Bagi 670 pendaftar pertama akan digratiskan biaya pembuatan kartu ini. Pengisiannya dilakukan dengan top up maksimal hingga Rp 2 juta. My SMC Card dapat juga digunakan untuk berbelanja di mechant lokal maupun nasional, transaksi tol, serta pembayaran tiket bioskop," ujar dia.

Humas SMC RS Telogorejo, Dinda Permatasari, mengatakan pasien RS Telogorejo juga dianjurkan untuk mengunduh aplikasi My SMC di google play store. Aplikasi ini memudahkan proses reservasi rawat jalan ke klinik spesialis, memilih waktu jadwal praktik dokter yang dikehendaki, serta dalam waktu dekat akan dilengkapi fasilitas online payment.

''Kami terus berusaha melakukan pembenahan baik SDM, peralatan medis, serta mutu dan kualitas pelayanan. Mudah-mudahan mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat luas,'' papar dia.


(Muhammad Arif Prayoga/CN33/SM Network)